Mengenang Sejarah Perjuangan Rakyat Makassar di Masjid Raya Makassar

Slide15

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Siapa yang kenal Kota Makassar? Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini menjadi satu di antara megapolitan di Indonesia. Kota ini juga menjadi tujuan wisata favorit di Sulawesi Selatan.

Berwisata ke Kota Makassar, tidak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Masjid Raya Makassar. Masjid yang terletak di Jalan Balusuraung ini dibangun pada tahun 1948 ini menjadi tujuan wisata religi di Makassar.

Masjid berlantai dua ini menggunakan ampir 80 persen bahan baku lokal selama pembagunannya. Terdapat dua menara atau tower yang tingginya mencapai 66,66 meter di masjid ini. Dominasi warna abu-abu dan putih menjadi ciri khas dari masjid yang mampu menampung hingga 50.000 Jamaah tersebut.

Salah satu daya tarik yang menjadi tujuan wisatawan datang ke masjid ini adalah ruang perpustakaan yang memiliki beberapa koleksi Al-Qur’an besar berukuran 1 x 1,5 meter persegi. Al-Qur’an ini dibuat manual menggunakan kertas berkualitas, dan setiap hurufnya ditulis menggunakan tinta Cina yang dicampur dengan air the kental. Al-Qur’an berukuran besar ini dipajang di lantai 2.

Pembangunan Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar yang digunakan sebagai kantor Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan ini, dirancang oleh seorang arsitek bernama Muhammad Soebardjo setelah beliau berhasil memenangkan sayembara yang di buat oleh panitia pembangunan masjid Raya Makassar.

Pendanaan pembangunan masjid berasal dari sumbangan beberapa tokoh Sulawesi Selatan, pada tahun 1947 Kiai Haji Ahmad Bone, seorang ulama dari kabupaten Bone menyumbangkan dana sebesar Rp 60 ribu rupiah untuk pembangunan masjid. Jumlah tersebut terbilang besar untuk kondisi saat itu.

Kiai Haji Ahmad Bone menunjuk Kiai Haji Muchtar Lutfi sebagai ketua panitia pembangunan masjid hingga akhirnya pembangunan masjid tersebut selesai dan di resmikan pada tahun 1949. Apabila ditotal, semua dana yang dikeluarkan untuk pembangunan masjid ini mencapai Rp. 1juta 200ribu rupiah.

Tempat Persembunyian Pejuang

Di masa pembangunannya, walaupun masjid belum rampung sempurna, masyarakat sekitar sangat antusias beribadah di sana. Saking penuhnya, jamaah yang hadir bahkan  sampai meluber ke jalan raya, karena areal bangunan dan halaman masjid sudah tak mampu lagi menampung orang.

Pada sat itu, pemerintah Makassar menganjurkan kepada seluruh umat muslim di Makassar untuk melaksanakan solat Jumat di Masjid Raya Makassar. Beruntung, pemerintahan Belanda yang masih berkuasa saat itu mengizinkan warga Makassar berkumpul menggelar solat di masjid itu.

Pemerintah Belanda tidak menyadari bahwa masjid tersebut tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai tempat pertemuan rahasia dan markas para pejuang kemerdekaan.

Mengalami Renovasi

Masjid raya yang menjadi kebanggaan warga muslim di kota Makassar ini pernah menjadi tempat perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dilaksanakan pertama kali nya pada tahun pada 1955.

Pada tahun 1999, tokoh Makassar, Jusuf Kalla mengusulkan ide merombak Masjid Raya Makassar secara besar-besaran. Walaupun awalnya banyak yang menentang namun Jusuf Kalla mampu meyakinkan masyarakat untuk merenovasi masjid ini menjadi lebih megah.

Kini, seperti yang bisa dilihat, Masjid Raya Makassar berdiri megah di tengah kota. Konsep bangunannya mengusung nuansa Mediterania yang mendadopsi gaya bangunan Masjid Cordoba di Spanyol.

Masjid Raya Makassar adalah masjid yang memiliki bagian yang sangat penting dalam sejarah Kota Makassar, masjid ini sering di jadikan tujuan wisata rohani untuk pada pengunjung dan wisatawan yang berkunjung ke Makassar.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by