Melihat Budaya Islam Tertua di Riau Dari Masjid Raya Pekanbaru

Slide14

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Masjid Tua Pekanbaru
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/masjid-raya-pekanbaru-dari-bangunan-menjadi-struktur-cagar-budaya/

Di Provinsi Riau, tepatnya di Kota Pekanbaru, terdapat sebuah masjid tertua bernama Masjid Raya Pekanbaru atau Masjid Senapelan Pekanbaru. Masjid yang dibangun pada abad ke 18 ini di bangun oleh Sultan ke empat dari Kerajaan Siak Sri Indrapura yaitu Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah dan kemudian dilanjutkan pada masa Sultan ke lima dari Kerajaan Siak Sri Indrapura yaitu Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

Pembangunan masjid ini memakan waktu yang sangat lama, mengingat teknologi pertukangan tidak secanggih saat ini. Pada saat pembangunan masjid, Kerajaan Siak pada saat itu sedang berada di Puncak Kejayaannya.

Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah menerapkan tiga pedoman sebagai hal yang akan menyelamatkan kehidupan masyarakat, yaitu Raja, Adat dan Agama. Raja diartikan sebagai pemimpin yang bijaksana dan amanah, peduli terhadap rakyat dan menjamin kesejahteraan rakyat. Sedangkan Adat diartikan senagai media untuk menyebarkan agama islam, yang dalam hal ini dilakukan lewat media kebudayaan.

Agama tanpa budaya tidak akan berjalan apabila tidak dijalani dengan keyakinan yang kuat, begitu pun sebaliknya budaya tanpa Agama tidak akan dapat terlaksana sehingga dapat menjadikan kesalahpahaman di antara kedua nya. Ketiga hal ini di pegang teguh oleh Sultan Siak di manapun beliau berada, hal ini terlihat apabila sang Raja membangun tempat yang baru maka ketiga bangunan yang berupa Kerajaan, Balai Kerapatan dan Masjid juga akan di bangun sehingga simbol Raja, Adat dan Agama saling berkesinambungan satu dan yang lain nya.

Menjadi masjid tertua di Pekanbaru, tak membuat bangunan masjid ini rapuh termakan usia. Masjid Raya Pekanbaru telah mengalami beberapa kali renovasi. Yang pertama di lakukan pada tahun 1755 untuk menambah daya tampung jamaah, kemudian pada tahun 1810, Masjid Raya Pekanbaru kembali di renovasi untuk menambahkan tempat berteduh bagi para peziarah makam di area masjid dan dilanjutkan kembali pada tahun 1940 dengan penambahan pintu gerbang masjid yang menghadap timur. Bahkan sejak 2009 masjid Raya Pekanbaru ini termasuk ke dalam proyek revitalisasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Masjid Raya Pekanbaru terkenal dengan sentuhan arsitekturnya yang rapi dan menawan, di setiap sudut ruangan terdapat ornamen melayu tradisional dengan sentuhan warna kuning yang begitu dominan pada dindingnya. Yang paling bersejarah dari masjid ini adalah  sebuah Mimbar dari peninggalan Kerajaan Siak yang masih kokoh sampai saat ini dan masih dipergunakan untuk kegiatan keagamaan. Selain mimbar, juga terdapat sisa peninggalan Kerajaan Siak yang masih tersisa yaitu dinding di bagian depan Masjid, gerbang masjid dan soko guru.

Masjid ini pernah mengalami renovasi besar-besaran untuk beberapa bagiannya yang sudah lapuk dan tidak layak digunakan. Renovasi ini dilakukan untuk merombak bagian kubah. Sebelumnya, kubah yang digunakan pada masjid ini berbentuk seperti bawang dengan kuncup di tengahnya. Setelah direnovasi, kubah pada masjid ini diganti menjadi kubah bergaya Timur Tengah.

Selain dipergunakan untuk sarana tempat beribadah masyarakat Pekanbaru, Masjid Raya Pekanbaru juga menjadi tujuan wisata religi baik dari dalam negeri dan mancanegara, banyak pengunjung yang ingin melihat arsitektur masjid bernuansa melayu, sejarah dan kebudayaan Pekanbaru di masa yang silam dan bagaimana proses penyebaran agama islam di daerah Riau.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.