3 Masjid Terkecil Di Dunia, Ada Yang Berukuran Dua Langkah Kaki

Slide13

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Bagi umat muslim, masjid tak hanya digunakan sebagai rumah ibadah namun juga sebagai tempat untuk belajar, berkumpul dan bermufakat. Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia pasti nya memiliki ratusan bahkan ribuan masjid yang tersebar di sejumlah daerahnya.

Tak heran jika lantunan adzan yang merdu sebagai pengingat waktu sholat juga lazim terdengar di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah baik di Indonesia maupun di dunia, memiliki ciri khas arsitektur yang beragam. Tak jarang, arsitektur berbalut budaya itu diaplikasikan ke dalam bangunan masjid.

Ciri khas ini lah yang membawa daya tarik tersendiri dari sebuah masjid. Tak hanya sebagai rumah ibadah, banyak masjid-masjid di dunia yang dijadikan destinasi wisata.

Di antara masjid-masjid yang besar dan megah ternyata ada juga beberapa masjid yang memiliki keunikan dari segi arsitektur dikarenakan kecil dan hanya dapat menampung beberapa orang saja.

Berikut ini adalah beberapa Masjid yang terkecil di Dunia:

Masjid MIR Mahmood Shah di Hyderabad India

Masjid Mir Mahmood Shah Di Hyderabad India

Didirikan pada abad ke-16 Masjid MIR mahmood Shah adalah masjid terkecil di dunia, masjid ini dinamai oleh seorang sufi dari irak. Meskipun terlihat begitu megah, Masjid Mir Mahmood Shah hanya dapat menampung lima orang untuk sholat, walaupun pada saat ini Masjid kecil ini sudah tidak digunakan lagi namun masjid yang berada di Hyderabad, India ini mudah ditemukan karena sangat berdekatan dengan Benteng Golconda.

Masjid Mir Mahmood Shah diyakini sebagai peninggalan sejarah yang dibangun oleh tentara muslim di India. Masjid ini dibangun sebagai tempat sholat wajib berjamaah. Sampai sekarang Masjid yang memiliki arsitektur khas Qutb Shahi ini selalu menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Hyderabad.

Masjid Al-Badiya di Uni Emirat Arab

7a922cce Cc2e 4ac5 A414 43dd671b1e89 169

Kawasan Arab dikenal mempunyai banyak bangunan masjid yang megah dan besar. Namun di Uni Emirat Arab terdapat satu masjid dengan ukuran yang bisa terbilang kecil untuk ukuran orang Arab.

Masjid Al-Badiya mempunyai kapasitas yang dapat digunakan sampai dengan 70 jamaah namun, tinggi dari masjid inilah yang bisa dikatakan cukup pendek, apabila orang yang memiliki tinggi diatas 160cm sudah bisa dipastikan tidak dapat memasuki Masjid ini karena atapnya sendiri sudah terlalu rendah.

Terletak di Bukit fujairah, Masjid Al-badiya dibangun sejak tahun 1446. Penelitian yang pernah di lakukan oleh Departemen Warisan Purbakala dengan Universitas Sydney, Australia mengungkapkan bahwa Masjid ini dahulu dibangun menggunakan menggunakan material bebatuan yang ada disekitar desa Al-Badiya.

Masjid Dhai Seedhi Ki di Bhopal India

Masjid Dhai Seedhi Ki Di Bhopal India

Masjid Dhai Seedhi Ki berlokasi di kota Bhopal, Madhya Pradesh, India. Kota Bhopal sendiri terkenal sebagai destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat berkunjung ke kota Bhopal, anda dapat ditemui danau buatan yang paling terbesar di Asia. Uniknya, terdapat sebuah masjid, yaitu Masjid Dhai Seedhi Ki yang dikenal sebagai masjid terkecil di kawasan itu.

Dalam sejarahnya, masjid mungil ini didirikan sebagai rumah ibadah darurat untuk tentara muslim yang pada saat itu sedang berperang. Setelah perang berakhir, Masjid Dhai Seedhi Ki ini dibiarkan tetap berdiri sebagai simbol sejarah.

Masjid Dhai Seedhi Ki memiliki arti “Masjid dengan dua setengah langkah”. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sardar Dost Muhammad Khan saat memerintah Bhopal di tahun 1708 – 1726.

Secara arsitektur Masjid Dhai Seedhi Ki ini terlihat cukup sederhana karena hanya terdapat dua pilar yang memang sengaja dibentuk seperti angka delapan yang digunakan untuk melindungi Masjid apabila ada serangan dari musuh pada masa perang.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.