Masjid Syuhada, Didirikan Diatas Tanah Wakaf Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat

Slide17

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Jogjakarta menjadi salah satu daerah yang tidak pernah sepi akan wisatawan. Berbagai tempat wisata yang ada di Jogja memang sangat menarik untuk dikunjungi. Terutama wisata religi yang ada di kota gudeg ini juga cukup banyak. Salah satunya Masjid Syuhada,  Kotabaru Yogyakarta. Masjid ini terletak di Jln. Dewa Nyoman Oka No. 13, Kotabaru, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan dibangun masjid ini yaitu supaya warga atau masyarakat sekitar Kotabaru selain untuk beribadah namun digunakan berbagai tempat bersejarah. Dimana di komplek masjid syuhada ini terdapat para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan Indonesia ditangan penjajah. Hak ini sebagai monumen untuk mengenang jasa-jasa para Syuhada yang telah gugur di medan perang pada saat kemerdekaan bangsa Indonesia sedang diperjuangkan. Selain itu, masjid ini  bisa menjadi simbol  disaat Indonesia merebut kemerdekaan.

Sejarah Masjid Syuhada Kotabaru

Masjid Syuhada di kota baru Jogjakarta ini didirikan diatas tanah wakaf yang berasal dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Peletakan batu pertama sebagai simbol permulaan pembangunan masjid dilakukan oleh Sultan Hamengkubuwono IX. Selain , Sultan Hamengkubuwono IX hadir pula beberapa tokoh kenegaraan ternama pada waktu itu diantaranya Presiden Soekarno yang pernah memberikan sambutan pada saat peletakan batu pertama dilakukan, kemudian Muhammad Natsir, salah satu tokoh penting Nasional juga pernah menajdi khatib di masjid ini.

Lalu Muhammad Hatta juga pernah mengisi acara perkuliahannya di masjid ini. Pembangunan Masjid Syuhada Kotabaru Yogyakarta dimulai pada tahun 1940-an. Awalnya, kotabaru ini dihuni oleh mayoritas orang belanda berkulit putih dari kasta atas/ bangsawan. Kotabaru pada waktu itu terkenal menjadi daerah yang memiliki udara yang segar dan infrastruktur yang memadai.

Kemudahan ditahun 1942 tentara sekutu merebut kekuasaan Kotabaru dari tangan Belanda. Sehingga orang Belanda harus rela angkat kaki dari Kotabaru. Kemudian, pada saat kemerdekaan RI sudah di proklamirkan, komposisi penghuni kotabaru berubah menjadi mayoritas muslim, dan kebutuhan akan tempat ibadah yang nyaman sangat terasa, apalagi pada saat itu belum ada satupun masjid yang didirikan di wilayah kotabaru. Pembangunan pertama kali masjid syuhada dimulai pada tanggal 14 Oktober 1949, kemudian pada tanggal 17 Agustus 1950 dilakukan penetapan arah dan garis kiblat oleh KH. Badawi.

Peletakan batu pertama dilaksanakan oleh Sultan Hamengkubuwono IX selaku menteri pertahanan RI pada waktu itu. Lalu pada tanggal 25 Mei 1952, dilakukan pembentukan resmi sebuah Yayasan Asrama dan Masjid Syuhada (YASMA Syuhada).

Desain Arsitektur Masjid Syuhada

Bangunan masjid ini menggunakan arsitektur berbagai negara islam yang ada. Pada kubah masjid bisa kita lihat arsitektural khas negara Persia, dimana kubah yang dibangun berbentuk bundar, dikelilingi oleh empat buah kubah kecil pada empat sudutnya. Didalam masjid kita bisa melihat 17 anak tangga dibagian depan sebagai simbol tanggal 17, kemudian delapan segi tiang gapura menyimbolkan bulan 8 (Agustus), lalu empat buah kupel bawah dan lima buah kupel atas menyimbolkan 45 (1945).

Masjid Syuhada memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Pasalnya di masjid ini berada di tengah kota Jogjakarta sehingga mudah ditemukan oleh para wisatawan. Apalagi dengan luasnya tempat parkir yang ada di masjid ini membuat kendaraan para jamaah atau wisatawan yang hendak mampir ke masjid ini semakin betah .

Itulah beberapa penjelasan tentang masjid Syuhada yang didirikan pada zaman kolonial Belanda yang hingga kini masih kokoh berdiri. Sepatutnya kita harus menjaga tempat beribadah terutama masjid.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.