Mesjid Turen Malang, Dibangun Oleh Tenaga Manusia, Bukan Jin!

Slide18

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Malang terkenal dengan kota Apel yang merupakan daerah penghasil apel terbesar di Indonesia. Kota Malang juga terkenal dengan keindahan alam yang begitu luas dan perkebunan teh yang begitu menjulang. Selain itu, beberapa waktu yang tengah mencuat berita tentang Masjid Turen yang ada di Malang. Masjid ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama masjid tiban. Ternyata destinasi yang dikenal juga sebagai Masjid Tiban ini dibangun oleh tenaga manusia. Hal ini juga dibenarkan oleh beberapa penduduk setempat yang mengaku melihat bahan bangunan dibawa masuk ke area pondok.

Memang pembangunannya tidak dilakukan secara runtut dari depan ke belakang atau dari bawah ke atas. Kabarnya Kiai Ahmad selaku pengasuh pondok pesantren melakukan istikharah terlebih dahulu untuk mendapatkan petunjuk. Pondok pesantren dengan ribuan santri ini diliputi oleh cerita mistis yang tersebar dari mulut ke mulut. Bangunannya begitu besar, megah, serta dominan dengan gaya ala Timur Tengah. Kamu bisa melihat menara-menara hingga kubah dalam berbagai warna. Konon, konstruksi yang semewah itu dibangun oleh pasukan jin. Bahkan ada yang bilang jika penduduk setempat tak pernah tahu kapan dibangun dan tiba-tiba sudah jadi.

Sejarah Masjid Turen

Seperti diketahui Masjid ini terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur. Masjid Turen Tiban ini menjadi buah bibir masyarakat yang ada di seluruh penjuru kota Malang . Karena keunikan bangunan dan beberapa mitosnya. Masjid Turen yang ada di kota Malang ini adalah sebuah pondok pesantren yang di pimpin oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, beliau adalah pemimpin besar pondok  Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah.

Memang banyak yang beranggapan bahwa masjid tiban ini dibangkitkan oleh Jin. Namun, setelah dikonfirmasi kepada pengurus masjid tidak ada kabar seperti itu. Karena masjid ini dibangun oleh tangan manusia bukan dari jin ataupun mahluk halus. Pekerjanya adaah dari seluruh santri yang berada di pondok dengan bahu-membahu untuk mendirikan pondok an masjid tanpa bantuan alat bert apapun.

Bangunan ini terbilang cukup megah dan sangat mewah. Sebab, Masjid Tiban yang ada di kecamatan Turen ini serasa tidak dibangun menggunakan alat berat. menurut keterangan dari pihak pondok mengaatakan bahwa pondok dibangun dengan bahan-bahan yang seadanya sejak tahun 1978 dan secara bertahap sampai pada saaat ini.

Desain arsitektur Masjid Turen ini dibuat oleh kyai pondok pesantren yang terinspirasi dari bangunan masjid di luar negeri. Kyai pondok sendiri menurut keterangan pengurus melakukan sebuah sholat istikharah dan berdoa kepada Allah SWT. Supaya bisa membangun masjid Turen dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Atas izin Allah Masjid Turen menjadi salah satu wisata reigi untuk enambah kekeuatan iman para mulim

Desain Arsitektur Masjid

Jika dilihat dari depan desain arsitektur Masjid ini mengkombinasikan antara. Corak islami, arab, china dan modern ini sangat anggun. Bangunan yang menjulang tinggi sampai dengan memiliki 10 lantai sepertinya mustahil untuk dikerjakan tanpa alat berat namun inilah kenyataannya. Didalam masjid Turen ciri khas yang paling menonjol adalah warna yang ada disini masjid ini yaitu berwarna biru. Disetiap lantai pondok mempunyai berbagai fungsi yang digunakan.

Seperti di lantai lima adalah lantai untuk tepat berniaga seperti toko untuk kebutuhan para santri. Selanjutnya naik ke lanti 6 disini anda akan menemukan ruangan yang digunakan oleh para keluarga pembina dan pemilik pondok sebagai ruang keluarga. Serta di lantai tujuh dan delapan akan ada tempat untuk beristirahat dan juga berbelanja  untuk para santri maupun wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dilantai ke sembilan dan sepuluh sampai saat ini masih dalam proses pembangunan. Keindahan didalam pondok ini pula terlihat dari megahnya benda-benda serta lorong-lorong dari setiap bagian pondok dan masjid.

Itulah beberapa penjelasan mengenai sejarah masjid Turen atau yang lebih sering disebut dengan masjid Tiban.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.