Masjid Baiturrahim Ulee Lheue: Saksi Bisu Keganasan Tsunami Aceh

Slide7

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Pada tanggal 26 Desember 15 tahun yang lalu, Tsunami menerjang dan meluluhlantakkan Aceh. Tragedi tersebut menjadi sebuah momen kesedihan paling bersejarah bagi Indoensia. Ribuan warga Aceh menjadi korban dari bencana alam dahsyat tersebut. Berbagai media mulai dari dalam negeri hingga luar negeri sempat heboh dan berita tentang tragedi tersebut menjadi viral di seluruh dunia.

Semua bangunan runtuh diterjang ombak besar tsunami Aceh. Tidak ada bangunan yang utuh kecuali Masjid Baiturrahim yang ada di Aceh. Masjid tersebut menjadi satu-satunya bangunan yang berdiri utuh bahkan setelah badai tsunami menghantam.

Mungkin Tuhan ingin menunjukkan kebesarannya melalui bangunan masjid yang satu ini.

Kemegahan Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

Menjadi satu-satunya bagnunan yang berdiri utuh setelah tsunami menerjang, mari kita telusuri kemegahan dari masjid Baiturrahim Ulee Lheue

Mesjid Baiturrahim Ulee Lheue 21
https://bandaacehkotamadani.files.wordpress.com/2012/08/mesjid-baiturrahim-ulee-lheue-21.jpg

Masjid Baiturrahim Ulee Lheue atau yang sering disebut sebagai masjid Baiturrahim ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Aceh. Masjid ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Pelabuhan Ulee Lheue. Masjid ini begitu terkenal bukan hanya karena tragedi tsunami, namun juga karena sudah sepuh dan dikenal sebagai bangunan dengan nilai historis yang tinggi.

Didirikan pada abad ke-17, itu berarti masjid ini sudah berdiri sekitar 300 tahun lamanya. Dan tentunya, sudah banyak mengalami renovasi pada beberapa bagian bangunannya yang berguna untuk memperkuat dan memperkokoh dari bangunan masjid tersebut.

Berlokasi di Kawasan Objek Wisata Pantai Cermein, Meuraksa, Banda Aceh, masjid ini menjadi satu-satunya bangunan yang tetap berdiri utuh di kala semua bangunan runtuh terhantam tsunami, akibat pesonanya tersebut, tentu saja sempat menjadi perhatian dunia. Banyak para wartawan media yang memberanikan diri meliput masjid ini dan membuat banyak orang terkagum-kagum.

Kekokohan bangunan ini mampu bertahan dengan tegar walaupun ada ombak setinggi 21 meter yang menghantam daerah tersebut pada waktu itu. Ombak yang sedemikian besarnya memang bisa memecahkan kaca pada jendela dan dinding masjid. Namun hal tersebut tidak bisa membuat bangunan masjid runtuh.

Dari sinilah kita bisa melihat kuasa Tuhan yang begitu besarnya. Tidak mungkin ada bangunan yang berhasil selamat jika bukan karena Tuhan menghendakinya utuh sebagai pelajaran bagi semua umat manusia. Dari masjid ini kita ketahui apabila seseorang kuat iman, maka dia juga akan bisa melawan segala jenis godaan dan akan selamat dari marabahaya.

Menurut saksi mata, bagian dalam masjid ini dipenuhi oleh orang-orang yang ingin berlindung dari marabahaya yang menyerang Tanah Rencong beberapa tahun silam.

Bahkan pada lantai 1, ada banyak orang berjejalan ingin selamat. Namun hanya beberapa orang yang berhasil menuju lantai 2 dan selamat hingga bencana usai. Ketika tsunami berakhir, di sekitar masjid tersebut tidak ada mayat sama sekali. Dan buku Al-Quran walaupun terkena air tidak ada yang hanyut sama sekali. Subhanallah.

Sebelum terkena tsunami Aceh, bangunan ini sempat mendapatkan perlakuan pemugaran dari Pemerintah. Pemugaran dilakukan berulangkali sehingga masjid Baiturrahim Ulee Lheue ini memiliki berbagai ornamen. Ada ornamen yang dipengaruhi oleh kebudayaan Eropa dan ada juga ornamen kaligrafi.

Walaupun bangunan masjid Baiturrahim Ulee Lheue ini sudah mendapatkan berbagai pemugaran di sana sini, masjid ini masihlah merupakan bangunan saksi bisu dahsyatnya hantaman tsunami di Aceh beberapa tahun silam. Anda bisa melihat berkunjung ke masjid ini untuk melihat kebesaran Tuhan.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by