Masjid Pertama Di Bali, Masjid Nurul Huda Gelgel Menjadi Sorotan Publik

Slide6

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Di Bali, cukup susah untuk menemui masjid karena mayoritas warganya beragama Hindu. Namun bukan berarti di Bali tidak ada masjid sama sekali. Di Pulau Bali, ada sebuah masjid yang menjadi sorotan publik karena menjadi masjid pertama yang ada di sini.

Tentu saja banyak orang yang akhirnya tertarik untuk menyaksikan langsung bentuk masjid tersebut.

Menjadi masjid pertama dan tertua di Bali, masjid ini memiliki bangunan yang kokoh. Banyak umat Muslim yang bertandang kesini untuk melakukan ibadah atau sekedar mampir dan melakukan wisata religi.

Masjid Nurul Huda Gelgel

Masjid Nurul Huda Gelgel 2 1024x528
https://www.kintamani.id/masjid-nurul-huda-gelgel-masjid-pertama-dan-tertua-di-pulau-bali-007434.html

Masjid Nurul Huda Gelgel sebagai masjid pertama dan tertua di Bali, seperti apakah keistimewaannya?

Masjid Nurul Huda Gelgel yang tertua di Bali ini berlokasi di Desa Gelgel Kecamatan Klungkung, Bali. Gelgel sendiri merupakan sebuah desa yang masih menganut adat tradisional yang sangat kental. Namun desa di Bali ini mmiliki sejarah yang panjang jika berkaitan dengan penyebaran agama Islam yang ada di Pulau Bali. Jdi wajar saja jika masjid pertama didirikan di tempat ini.

Desa Gelgel berada di kejauhan 60 km dari pusat Bali yaitu Denpasar. Kampung Gelgel ini bisa dibilang sebagai kampugnya Islam di Bali, dan kini sudah ada lebih dari 700 orang yang beragama Islam menetap di kampung tersebut. Di kampung ini mereka sudah tidak lagi memakai nama tradisioanl Bali seperti Wayan, Ketut, dan lain sebaliknya.

Para penduduk Gelgel memakai nama Islami serta menghidupkan pentas kesenian Muslim yang menjadi daya tarik tersenidiri, Rodatan namanya. Banyak masyarakat Indonesia tidak mengetahui bahwa masjid tertua yang ada di Bali ini didirikan pada abad ke-19. Tepatnya, pada tahun 1860-an.

Beberapa bagian dari masjid memang sudah dipugar dan tidak merupakan bentuk asli. Namun ada juga berbagai ornamen masjid yang diketahui masih asli dan merupakan peninggalan dari tahun sebelum masjid direnovasi. Salah satunya adalah bagian mimbar masjid Nurul Huda Gelgel.  

Mimbar Tua
http://1.bp.blogspot.com/_1teFxbv0GW8/TShRELoC6NI/AAAAAAAAAgc/8iCcIH_XCL4/s1600/mimbar%2Btua.JPG

Mimbar pada masjid ini diketahui sudah berumur sangat tua dan masih terawat dengan baik hingga kini. Mimbar tersebut terbuat dari kayu jati asli dan dihiasi dengan ornamen ukiran berbentuk tumbuhan. Ukiran dengan motif ini seringkali digunakan oleh orang jaman dahulu untuk menghiasi berbagai perabotan mebel mereka.

Kemudian ada juga keterangan yang tertulis pada masjid tersebut yang bertuliskan bahwa masjid tersebut mulai direnovasi pada tahun 1863 Masehi. Itu berarti bahwa masjid tersebut telah berdiri sebelum tahun 1863 Masehi. Pemugaran pertama dilakukan untuk memperbaiki beberapa struktur dari Masjid Nurul Huda Gelgel.

Saksi mata mengatakan bahwa kondisi masjid Nurul Huda Gelgel sebelum direnovasi adalah seperti rumah kecil tanpa kubah dan tidak berbentuk seperti masjid. Barulah ketika selesai dipugar, bangunan masjid bisa berdiri megah lengkap dengan kubah yang menandakan bahwa bangunan tersebut adalah sebuah tempat peribadatan umat Muslim.

Masjid ini berlantai 3 dan dan memiliki gazebo serta menara. Menaranya sendiri berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan pengeras suara. Menara pada Masjid Nurul Huda Gelgel memiliki tinggi 17 meter dan biasanya para muadzin yang akan mengumandangkan adzan berada di menara ini.

Ketika anda berkunjung ke masjid ini, anda bisa melihat langsung kebesaran Tuhan. Anda juga bisa melihat begitu megahnya masjid pertama yang ada di Pulau Bali. Hingga sekarang masjid ini selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga berfungsi sebagai destinasi wisata religi.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.