Virall..! Ada Apa dengan Masjid Taman Safari?

20. Masjid Taman Safari

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Taman Safari

Masjid taman sari – Tidak jauh dari istana, ada sebuah situs yang disebut tempat mandi Tamansari. Di kompleks pemandian yang dibangun oleh arsitektur Portugis, ada sebuah masjid tunggal. Nama asli awalnya masjid Gumuling. Nama berasal dari nama sumur yang ada di bagian tengah masjid. sumur Gumuling pernah digunakan sebagai ritual pembersihan untuk lingkaran dalam istana yang ingin beribadah di masjid tersebut.

Di tengah-tengah masjid, ada tangga yang menghubungkan lantai pertama ke lantai dua. Lantai pertama digunakan oleh jamaah, sedangkan lantai kedua digunakan oleh jamaah laki-laki. Dalam lingkaran dalam masjid, ada sebuah ruangan kecil yang menonjol. Ruang ini digunakan sebagai imam. Di dinding masjid, ada banyak lampu dayung yang menyala saat malam hari.

Setelah tidak lagi digunakan untuk ibadah, masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata di sekitar kompleks istana tersebut. Untuk memasuki masjid ini, hanya ada satu pintu masuk dan keluar. Pintu masuk terletak di sebelah barat alun-alun istana. Turun tangga, pengunjung akan melewati koridor panjang sebelum memasuki lokasi masjid.

Sejarah Gumuling Tamansari

Pada zaman kuno, Islam datang ke Jawa dan dengan cepat menyebar di seluruh wilayah, termasuk Yogyakarta. Penyebaran Islam dilakukan oleh Wali Songo. Sementara Sultan Yogyakarta juga memeluk Islam. Ini adalah dasar untuk membangun sebuah masjid di ruang bawah tanah yang dikenal juga Gumuling. Mengatakan Gumuling baik karena ada juga dari sumber cahaya.

Selain Gumuling juga menyaksikan sejarah dalam kerajaan Yogyakarta. Sampai 1867, Gumuling sumur yang terkena dampak gempa bumi dan setelah serangan dari Inggris. Hal inilah membuat banyak kerusakan. Tapi kerusakan tidak terlalu serius dan bisa diperbaiki. Dan sekarang Gumuling baik bisa bertahan dan menjadi tempat wisata.

Keunikan masjid taman sari

Anda mungkin akan terkejut dengan hal ini. Karena ada banyak sumur unik bawah tanah dan masjid Gumuling atau sekarang masijid taman sari. Keunikan ini sangat memukau dan Anda tidak akan menemukan tempat lain. Hal ini juga mungkin membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jadi hingga saat Gumuling tak pernah sepi dari pengunjung. Berikut adalah beberapa keunikannya:

Memiliki arsitektur Jawa-Portugis

Nah Gumuling arsitektur sangat langka dari bangunan lain. Di bawah tanah ada masjid taman sari. Memang, proses pembangunan yang juga dipengaruhi oleh arsitektur Eropa, terutama Portugis. Anda dapat menikmati keindahan masjid ini, dan seperti berada di tempat yang tidak biasa.

Memiliki Symbol Filsafat

Gumuling sumur terkandung dalam entri yang memiliki filosofi yang sangat tinggi. Pintu masuk ke ruang bawah tanah adalah filosofi bahwa manusia berasal dari bumi dan kembali ke tanah. Ajaran ini jelas konsisten dengan ajaran Islam. Dengan masuk melalui pintu itu, Anda seperti pergi ke tanah.

Desain Kaya nilai-nilai akan ke Islam

Semua model dalamnya kaya dengan nilai-nilai Islam. Salah satunya merupakan tangga bawah tanah yang berjumlah sekitar 5 buah. Skala kelima melambangkan lima rukun Islam. Kebersihan dan kerapihan juga baik Gumuling dengan desain melambangkan Islam adalah agama yang bersih dan terorganisir dengan baik.

Bila Anda memasukkan daerah ini, Anda bisa merasakan suasana tenang. Suasana tenang juga memberikan gambaran tentang bagaimana kota Yogyakarta khusyuknya pendahulunya dalam ibadah.

Memiliki lubang besar di atap kubah

Di bagian atas atau kubah masjid adalah sebuah lubang yang cukup besar. Lubang ini bukan lubang biasa. Melalui lubang ini, Anda dapat langsung melihat langit biru siang hari dan langit malam penuh bintang di malam hari. Kombinasi kubah coklat dengan langit yang indah. Namun, lubang ini tidak diciptakan tanpa fungsi. Lubang ini adalah fungsi yang sangat penting untuk memperbesar suara imam.

Kental Nuansa cokelat tanah

Setelah di Gumuling baik, Anda akan merasakan suasana berbeda. Semua dinding pada ruangan ini memiliki warna cokelat tanah. Ini membuat Anda merasa benar-benar berada di tempat yang sangat aneh. Jika Gumuling mencatat sumur gambaran juga mirip dengan gua-gua yang sangat luas. Tentu saja, ini sangat menyenangkan, karena Anda dapat pergi ke sebuah ruangan yang dindingnya yang tidak biasa.

 

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.