Penasaran! Masjid Bawah Tanah Taman Sari, Seperti Apa?

21. Masjid Taman Sari

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Bawah Tanah Taman Sari

Masjid bawah tanah taman sari – Taman Sari adalah tempat yang wajib dikunjungi ketika mengunjungi Yogyakarta. Taman Sari dulunya istana taman yang megah, dan dibangun pada  (1758-1765).

Taman Sari Yogyakarta memiliki konstruksi yang unik dengan perpaduan arsitektur gaya Jawa dan Portugis, itu karena, dalam pembangunan Taman Sari membantu arsitek dari Portugis.

Ada apa sih Taman Sari itu?

Taman Sari dapat dilihat ketika akan memasuki kompleks, pengunjung akan disajikan dengan beberapa patung besar adalah unik dan indah.

Setelah melalui pintu, adalah kolam renang yang sangat khas. Menurut sejarah, kolam renang adalah tempat putri renang dan selir raja berenang.

Masjid bawah tanah taman sari

Di sekitar kolam renang ada juga banyak ornamen seperti air mancur dengan kepala dan naga pot bunga yang menggambarkan betapa indah Taman Sari saat periode ini.

Ada lebih sangat khusus ke Taman Sari Yogyakarta, yaitu tentang masjid bawah tanah taman sari. Untuk pergi masjib bawah tanah Taman Sari pengunjung harus berjalan di tempat dan melalui koridor panjang, yang tentunya sangat terpesona.

Keunikan masjid bawah tanah taman sari tidak seperti masjid pada umumnya, karena masjid bawah tanah Taman Sari melingkar dengan sumur media perantara yang diebut sering dengan Gumuling baik.

Selain fitur khusus lainnya adalah taman air di masjid bawah tanah kastil, taman air yang indah terletak di skala yang ada ambang dimasjid ini. Selain skala – skala berfungsi sebagai jalan yang menghubungkan tempat wudhu, di mana para peziarah pria, wanita serta tempat di mana peziarah wudhu.

Bahkan, ini bukan nama sumur bawah tanah Masjid Masjid Taman Sari, tapi Guling. Karena dia adalah di masjid istana benteng dikenal sebagai Masjid benteng bawah tanah.

Dari luar tampak benteng bawah tanah Masjid pemandangan indah penuh dengan patung-patung yang menyambut sebelum memasuki area masjid. Kemudian, situs lain mungkin ditemui setelah melewati gapura megah yang berada di depan.

Untuk pergi ke masjid, kita harus melalui lorong berliku ke arahnya. Mengenai dalam  lorong tidak menyeramkan karena memiliki jendela yang memungkinkan sinar matahari untuk menerangi pintu masuk.

Di bawah pemerintahan masjid Hamengkubuwono ini sengaja membuatnya agar penjajah bisa tertipu. Tetapi hal yang paling positif adalah bahwa azan terdengar di dalam ruangan dan bisa didengar di koridor terus menerus.

Masjid ini sangat tidak digunakan lagi setelah gempa Yogyakarta yang kemudian digunakan sebagai objek wisata bagi wisatawan yang datang. kekhususan lain diberikan oleh istana bawah tanah masjid yang ada di ketebalan dinding. Tepi dinding disusun sesuai dengan putih telur.

Mungkin pada saat ini tidak mungkin untuk membangun sebuah bangunan menggunakan putih telur, tapi tidak seperti waktu sebelumnya Hamengkubuwono untuk menghubungkan setiap lapisan batu bata dengan putih telur saja dan pada kenyataannya mampu bertahan sampai ‘sekarang.

Masjid yang indah penuh dengan banyak keunikan ini sekarang telah menjadi tujuan bagi wisatawan. Karena segala sesuatu di bangunan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Setiap berikutnya banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan masjid bawah tanah yang unik dari Tamansari.

Dikatakan bahwa tempat ini pernah digunakan sebagai Sultan surau untuk sholat.

Lokasi Taman Sari

Untuk lokasi Taman Sari tidak sulit, karena lokasi yang tidak jauh dari Istana Sultan. Jika pengunjung meninggalkan Malioboro bisa menggunakan kereta atau kuda becak, tapi memfasilitasi lokasi, sehingga pengunjung akan mudah untuk mengunjungi.

Bila menggunakan mobil atau kendaraan bermotor, hanya bisa melalui pasar Ngasem, mungkin memerlukan waktu bagi wisatawan untuk mengunjunginya, mereka akan terus memberikan bimbingan ssat di pasar Ngasem.

Fasilitas Taman Sari

Untuk instalasi dibilang sangat memadai, karena lokasinya dekat istana dan di jantung kota Yogyakarta.

Untuk hotel, misalnya, ada banyak pilihan, mulai dari yang murah hingga dan bintang lima.

 

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by