Sekilas tentang GRC dan Cara Membuat GRC

28.sekilas Tentang Grc Dan Cara Membuat Grc

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Cara Membuat Grc

GRC merupakan singkatan dari Glassfiber reinforced cement. Bahan pertama kali diperkenalkan di Inggris dan Indonesia di tahun 70-an ke 80-an perkembangan awal adalah salah satu dari beton. Meskipun tidak terlalu umum, saat ini banyak digunakan di rumah-rumah. Mari kita berkenalan lebih lanjut dengan material ini.

Beton yang Ringan

GRC disebut beton ringan untuk bahan penyusunnya mirip dengan beton biasa. baik beton polos atau GRC dibentuk dari campuran semen dan pasir. “Perbedaannya adalah bahwa beton biasa dari tulangan baja, menggunakan GRC (fiberglass) sebagai bahan bantuan. Karena bentuk bahan ini sangat kuat, GRC menjadi lebih ringan daripada beton biasa”,

Selain ringan, penggunaan serat juga memungkinkan GRC dibuat tipis. ketebalan dapat dikurangi menjadi sekitar 8 mm.

Namun, kekuatan GRC tidak bisa disamakan dengan ketahanan beton bertulang. GRC tidak mendukung beban. GRC saat ini banyak digunakan sebagai kolom lisplank bahan pelapis, selokan, bahkan atap kubah. Harap dicatat bahwa atap GRC tidak dipasang karena beban berat. Adapun kolom, hanya berfungsi sebagai kulit.

Cara Membuat GRC: Di cetak sesuai keinginan

Salah satu keuntungan dari GRC dapat dicetak sesuai keinginan pelanggan. Sebuah bentuk yang sangat rumit seperti patung telah dihasilkan dari proses pencetakan GRC. Untuk alasan ini GRC banyak digunakan sebagai elemen dekoratif dalam sebuah bangunan.

Setelah mendapatkan bentuk yang diinginkan, proses pembuatan dapat dimulai. Ini harus disusun pertama kali dicetak. GRC cetakan dilakukan terhadap kayu lapis, serat (jenis serat), GRC itu sendiri. Ketika cetakan, pertama menciptakan model menggunakan kayu atau gypsum. Misalkan bentuk yang diinginkan diukir, kayu atau gypsum yang diukir tangan.

Setelah siap, bahan baku bubuk molding GRC adalah campuran semen, pasir dan serat. Selain itu, semen dan pasir lapisan dengan lapisan bergantian dengan serat, sehingga semua bahan mengepang satu sama lain dan membentuk unit yang solid. Setelah mencapai ketebalan yang diinginkan, penyemprotan dihentikan dan dibiarkan kering. Cetakan dapat dihapus setelah sehari dan proses benar-benar selesai setelah 3 hari.

Untuk ukuran seluruh papan GRC lebih dari 60 cm x 90 cm, harus dibuat semacam bangunan di daerah. Bangunan yang juga terbuat dari bahan yang sama bahwa bidang GRC lebih kuat dan lebih kaku (keras).

Fungsi GRC yang cukup tebal dan utilitas untuk langit-langit, dinding, kolom interior di sampul, dll Dapat diterapkan dengan cat, wallpaper dan keramik.

  • Standar ketebalan: 5 (fiberlux), 6,8 sampai 10 mm.
  • Dimensi standar: 1220x2440mm.
  • Papan: (SE) atau tepi miring (RE)

Tepi berarti dapat dikombinasikan dengan kerangka aluminium, PVC atau hias lainnya, juga dapat digunakan untuk sistem sambungan. Sementara Landai Ujung dibuat di keempat sisinya atau atas permintaan. Dapat diterapkan pada sistem koneksi “seal flush” atau nat tertutup.

Cara pemasangan

Beberapa cara untuk melakukan pemasangan GRC yang dapat diterapkan adalah:

  • Dibuka pada sistem nat. Menunjukkan hubungan antara lebar gap panel yang diinginkan
  • Pastikan GRC / Fiberflat dipasang dalam keadaan kering. Pada saat instalasi dengan jarak (interval) antara tepi GRC / Fiberflat 2-3mm.
  • Isi papan pada celah untuk terhubung dengan GRC pada senyawa A + B dan pastikan itu terisi penuh. Rsio GRC pencampuran senyawa A + B adalah dari 1: 1 (aduk untuk homogenitas).
  • Di tengah penyambungan dengan menerapkan sedikit senyawa A + B. GRC kemudian tekan dengan daya yang cukup untuk berbaur dengan GRC compound A + B dan bebas gelembung udara, kemudian dibiarkan mengering selama sedikitnya 24 jam.
  • Terapkan lapisan akhir dengan cornice perekat (Compound gipsum) sampai strip dan kertas penutup halus. 250mm lebar maksimum lapisan ini dan biarkan kering.

Setelah lapisan perekat sambungan kering bersihkan dengan kertas / tissue sampai halus butir 180 dan pengamplasan amplas harus dalam arah terkoneksi atau tersambung.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by