Merasakan Nikmatnya Beribadah Di Dalam Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Slide4

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Tempat ibadah hendaknya merupakan tempat yang benar-benar nyaman dan aman untuk melakukan peribadatan. Ada ratusan bahkan ribuan masjid yang ada di Indonesia yang berdiri megah mulai dari Sabang hingga Merauke. Salah satu masjid kebanggaan Indonesia adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Di kala berbagai masjid lainnya memiliki nama serba Arab, masjid ini malah memiliki nama dalam bahasa Indonesia yang terkesan berbau etnik. Sebuah masjid yang merupakan kebanggaan Indonesia ini berdiri tegak di kawasan Keraton Kasepuhan di kota Cirebon.

Bagian Spesial dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Collectie Tropenmuseum Moskee Cheribon Tmnr 60005173
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Moskee_Cheribon_TMnr_60005173.jpg

Apabila anda berkunjung ke kawasan Kraton Kasepuhan di Cirebon, anda bisa menemukan sebuah masjid berdiri tegak di sana. Dan tentu saja, masjid itu adalah yang kita bahas kali ini, yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Sebuah Masjid yang merupakan masjid agung dan menjadi pusatnya masjid yang ada di kota Cirebon.

Dibangun pada abad ke 15, masjid ini tentu saja memiliki sejarah yang tak boleh tertelan waktu. Terlebih lagi pendiri atau pencetus dari masjid ini adalah Sunan Gunung Djati atau  yang sering dijuluki sebagai Sultan Cirebon I. Selain itu, masjid ini juga dibangun atas arahan dari Sunan Kalijaga sebagai arsitekturnya.

Pada jaman dahulu, masjid di kota Cirebon ini pernah menetapkan tradisi azan tujuh. Tradisi ini merupakan tradisi 7 orang muadzin yang secara bersamaan untuk melakukan panggilan adzan.

Hal ini dikarenakan ketika hanya ada satu orang muadzin yang melakukan panggilan adzan, muadzin tersebut selalu diganggu oleh Aji Menjangan Wulung hingga tewas. Sejak itulah Sunan Gunung Djati selalu memerintahkan 7 orang muadzin yang melakukan hal tersebut.

Selain memiliki misteri semacam itu, Masjid Agung Sang Cipta Rasa juga memiliki hal unik lainnya. Di sekitar masjid ini terdapat sebuah sumur yang selalu memproduksi air. Air yang didapatkan oleh warga setempat dari sekitar masjid ini konon bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Air ini juga dipercaya mampu melancarkan rejeki siapapun yang meminumnya.

Berbicara mengenai desain dari masjid ini, kubah yang biasanya menjadi ciri khas sebuah masjid tidak nampak pada bangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Sebaliknya, atap dari masjid ini berupa atap prisma seperti pada atap rumah-rumah tradisional Jawa. Selain itu, masjid ini juga memiliki paduan arsitektur Hindu dan Islam.

Ketika anda memasuki gerbang masjid, anda akan melihat adanya campuran budaya Hindu pada bentuk gapura masjid. Hal ini dikarenakan pada pintu masuk masjid tersebut terletak berbagia batu yang disusun rapi dengan arah vertikal seperti punden pada candi.

Bentuk gapura yang menyerupai budaya Hindu pada saat itu merupakan salah satu strategi para penyebar agama Islam agar orang Cirebon mau memeluk agama Islam.

Yang lebih unik lagi, jika kebanyakan masjid memiliki paling banyak 4 pintu masuk, berbeda dengan Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini memiliki 9 pintu masuk, dimana ada satu pintu utama dan delapan lainnya merupakan pintu pelengkap dan terletak di sebelah kanan kiri masjid.

Pintu yang berjumlah 8 memiliki tinggi yang lebih rendah dari tinggi orang biasanya, yaitu sekitar 160 cm. Jumlah dari pintu yang berjumlah sembilan buah melambangkan keseluruhan jumlah dari wali penyebar agama Islam di Indonesia (Wali Sanga).

Banyak orang yang datang ke kawasan masjid agung ini untuk beribadah ataupun hanya mampir untuk berfoto. Namun apapun tujuannya, masjid ini sangat layak untuk dijadikan tempat ibadah. Jangan lupa untuk mampir ke masjid agung ini ya, jika berkunjung ke kota Cirebon.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.