Mengungkap Keistimewaan Masjid Agung Sheikh Zayed

Keistimewaan Masid Agung Sheikh Zayed

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Agung Sheikh Zayed

Mengenai Masjid Depok, banyak orang yang melihat dengan takjub. Selain itu, mungkin orang berpikir bahwa berapa banyak menghabiskan uang dalam pembangunan masjid yang sangat besar. Ternyata ada masjid lain yaitu Masjid Sheikh Zayed, yang megahnya tidak kalah dengan Masjid Kubah Emas depok.

Kabarnya Masjid Sheikh Zayed, yang diselesaikan pada tanggal 20 Desember tahun 2007 telah menghabiskan $ 2 miliar dirham atau Rp 7.870000000000. Masjid ini terletak di ibukota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi.

Pembangunan, yang dimulai pada tahun 1996, yang diprakarsai oleh mantan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Mengenai masjid ini telah menyatukan keragaman budaya dunia Islam dengan nilai-nilai historis dan modern.

Dari ide ini, lahirlah masjid Sheikh Zayed Mosque. Di balik predikat masjid sebagai yang paling mahal, ada beberapa fakta menarik tentang masjid di kota Abu Dhabi Edarabia. Seperti apa faktanya? Berikut ulasannya:

Masjid agung sheikh zayed termasuk salah satu masjid terbesar di dunia

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 12 hektar atau 120 ribu meter persegi. kompleks bangunan seluas 290 x 420 meter. Sumbu dari bangunan itu sendiri dihidupkan sejajar dengan arah Ka’bah di Mekah, Arab Saudi.

Dengan ukuran itu, masjid ini disebut sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Masjid terbesar setelah Mekkah dan Madinah di Arab Saudi.

Mampu menampung jumlah jamaah yang banyak

Hal ini karena ukurannya yang besar, masjid ini memiliki kapasitas untuk menampung banyak jamaah untuk beribadah. Selama shalat Idul Fitri, masjid ini dapat menampung 41 ribu jamaah yang datang.

Namun, kapasitasnya masih di bawah kapasitas Masjid Istiqlal bisa mencapai 200.000 jamaah.

Bahan baku yang digunakan untuk pembangunan masjid diimpor dari negara lain.

Masjid ini sebenarnya dibangun dengan matang. Mengenai bahan yang digunakan diimpor dari banyak negara lain. Dari India, Italia, Jerman, Mesir, Turki, Maroko, Pakistan, Malaysia, Iran, China, Inggris, Selandia Baru, Makedonia.

Asal tahu aja yang lalu, bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami. Pemilihan bahan-bahan alami karena kualitas dan daya tahan.

Arsitektur yang megah adalah campuran dari budaya yang berbeda dari Islam di dunia

Keindahan tercermin dalam Masjid Sheikh Zayed adalah cerminan dari budaya yang berbeda dari Islam di dunia. Ini desain masjid terinspirasi oleh gaya arsitektur Persia, Mughal, Masjid Al-Abbas Al-Mursi Abu Mesir, Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan.

Tata letak kubah dan masjid Badshahi Masjid terinspirasi dari Punjab, Pakistan. Sementara menara yang indah adalah campuran dari gaya arsitektur Mamluk, Ottoman dan Fatimiyah.

Karpet yang indah adalah hasil dari pengetahuan rajutan tangan

Tak disangka, karpet indah dipasang di ruang ibadah adalah hasil dari rajutan tangan. Karpet yang memiliki luas mencapai 5.700 meter persegi, ada juga karpet rajutan tangan terbaik di dunia.

Beberapa membuat karpet ini menghabiskan 8 bulan untuk merancang, membuat simpul 12 bulan, dan dua bulan untuk penyelesaian. Secara total, 1.200 pekerja terlibat dalam perusahaan karpet Iran untuk realisasi konsep dari Iran Ali Khaliqi.

Lampu kristal megah diimpor dari Jerman

Ada tujuh memghiasi gloss setiap sudut di masjid ini. Semua lampu kristal yang diimpor Faustig perusahaan lampu kristal di Jerman.

Untuk informasi lebih lanjut, lampu kristal yang menggantung di aula utama beratnya sekitar 12 ton. Lampu menjadi lampu terbesar digunakan Masjid Sheikh Zayed. Memelihara semua tahu emas chandelier 24k berlapis.

Memiliki 82 kubah dalam berbagai ukuran

Masjid ini dikenal memiliki 82 kubah ukuran yang berbeda. Kubah dengan ukuran yang terbesar adalah di tengah-tengah ruang shalat utama.

Dengan kubah berdiameter lebih besar memiliki diameter 32,8 meter dan tinggi 85 meter. Interior kubah yang menampilkan ilustrasi Maroko.

Itulah beberapa hal yang wajib kita ketahui mengenai masjid agung sheikh zayed. Semoga bermanfaat!!

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by