Inspirasi Model Masjid Modern, Ini Bisa Jadi Inspirasi Anda

Inspirasi Model Masjid Modern

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Modern

Masjid Modern – Tidak hanya tempat ibadah bagi umat Islam, masjid ini sering digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan lainnya, mulai dari studi Alkitab, , sampai hari besar yang Muslim ‘Idul Fitri dan Idul Adha. Namun, di zaman modern seperti sekarang ini, desain masjid  semakin beragam dan unik mulai dari masjid desain minimalis, menggabungkan desain klasik dan masjid modern.

Berikut adalah beberapa gambar yang mewakili masjid modern dan pengembangan arsitektur Islam dengan tampilan bersih dan murni.

Inspirasi Model Masjid Modern – Masjid Al-Irsyad, Bandung Barat – Indonesia

Masjid Al Irsyad

Masjid Al-Irsyad terletak di Padalarang, Bandung Barat. Dengan Masjid yang di desain minimalis memiliki ukuran sekitar 1871 meter persegi yang dirancang oleh Ridwan Kamil yang di dominasi warna netral seperti warna hitam, putih dan abu-abu dan tampak sangat eye-catching, modern, sederhana dan sedap dipandang.

Membawa kotak berbentuk seperti Ka’bah, masjid desain minimalis juga tampak indah pada seluruh dinding dengan bahan batu dan menggunakan arah kiblat desain terbuka sehingga semua bisa merasakan pemandangan alam yang indah saat melakukan ibadah.

Masjid Arcapita, Manama – Bahrain

Masjid Arcapita, Manama Bahrain

Desain minimalis masjid telah menjadi pengembangan ikon arsitektur Islam di negara Bahrain. Terdiri dari bangunan yang unik terlihat seperti bentuk kubus dengan luas 750 meter persegi, masjid Arcapita juga memiliki menara 50 meter dengan bentuk persegi panjang.

Menariknya, desain minimalis masjid terletak di ujung Teluk Bahrain berdekatan dengan pemandangan kota. Bangunan terkait, masjid desain minimalis didominasi oleh bahan batu untuk menyeimbangkan cahaya dan panas, dan ada 50 jendela untuk meminimalkan udara panas di dalam masjid.

Masjid Penzberg – Jerman

Masjid Penzberg Jerman

Meskipun Muslim bukan minoritas di wilayah Penzberg, Jerman, tapi daerah ini memiliki masjid yang indah yang telah menerima Wessobrunner Architekturpreis sebagai yang terbaik bangunan arsitektur di seluruh negara bagian Bavaria. Menariknya, tidak mengadopsi masjid Penzberg Ottoman gaya arsitektur seperti banyak masjid lain di Jerman, namun desain minimalis modern membawa masjid tanpa kubah dengan lantai berbentuk L.

Secara keseluruhan, desain minimalis masjid didominasi oleh material batu alam dinding pasir berwarna dengan menara setinggi 13 meter, terdiri dari tiga batu dari stainless steel. Bahkan, desain minimalis masjid tidak dilengkapi dengan pintu utama ukiran kayu, tapi pintu logam biasa yang tampaknya sangat modern. Jendela paling unik, besar sebagai perubahan sumber cahaya untuk menunjukkan pola kaligrafi yang sama pada malam hari.

Masjid Chandgaon, Chittagong – Bangladesh

Masjid Chandgaon, Chittagong – Bangladesh

Masjid modern minimalis, Anda dapat melihat masjid di kota Chandgaon Chittagong, Bangladesh. Konsepsi ini merupakan masjid minimalis modern dengan bentuk geometris dan didominasi warna putih itu terlihat bersih.

Meskipun mengusung konsep sederhana, tapi desain minimalis masjid ini juga dilengkapi dengan marmer bahan batu dan tanah untuk memberikan kesan mewah dan estetika. Tidak hanya itu, masjid desain minimalis juga dilengkapi dengan halaman luas untuk tujuan ibadah, seperti shalat Jumat.

Al – Azhar Bekasi Summarecon

Al Azhar Bekasi Summarecon

Setelah di halaman masjid, Anda akan disambut oleh sebuah menara besar menjulang. Pemilihan sekilas warna eksterior akan mengingatkan Anda tentang bangunan khas Timur Tengah. Pohon-pohon palem lainnya di halaman terasa nilai yang lebih kental, serta kedamain.

Masjid Yesilvadi, Istanbul – Turki

Masjid Yesilvadi, Istanbul Turki

Meskipun sebagian besar masjid di Turki memiliki konsep arsitektur konvensional arsitektur Ottoman khas tetapi Masjid Yesilvadi terlihat berbeda karena mengadopsi desain modern dan minimalis masjid. Adopsi dari minimalis, desain kontemporer dari masjid, masjid dibangun dengan konstruksi beton bertulang dengan setengah lingkaran penampilan yang unik menyerupai planetarium.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by