Masjid Raya Makassar yang Memiliki Banyak Daya Tarik

Slide2

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Raya Makassar terletak di Gaddong, Jalan Masjid Raya, Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia yang dibangun tahun 1948. Masjid ini dirancang oleh arsitek Muhammad Soebardjo setelah memenangkan sayembara yang digelar oleh panitia pembangunan masjid raya. Masjid ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Makassar. Tidak hanya dari segi kemegahan bangunannya, tapi juga dari kelengkapan fasilitas yang dimiliki. Bentuk dan warna bangunan Masjid Raya Makassar identik dengan tempat peribadahan ala Timur Tengah.

Sejarah Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar mulai dibangun pada tahun 1948 di atas lahan lapangan sepak nola Exelsior Makassar. Bangunan ini memiliki luas 13.912 m2. Rancangan awal masjid ini dilakukan oleh M Soebardjo dengan dana pembangunan hanya Rp 60.000 yang diprakarsai oleh seorang ulama Kabupaten Bone (H. Ahmad Bone).  Dua tahun kemudian, pembangunan ini diresmikan dengan menghabiskan biaya Rp1,2 juta rupiah pada tahun 1949.

Masjid Raya Makassar ini tahun 1955 juga menjadi tempat pertama kali perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Bangunan ini pernah dirombak total dari bentuk aslinya pada Februari 1999. Pada saat Jusuf Kalla melontarkan ide perombakan besar-besaran masjid ini, muncul reaksi tudingan sebagai kapitalis murni. Tuduhannya yaitu akan mendirikan plaza di atas lokasi bekas bangunan masjid.

Lalu, tahun 1999 seiring dengan perkembangan pembangunan masjid sejak peletakan batu pertama oleh Gubernur HZB Palaguna, Jusuf Kalla membuktikan tekadnya untuk memperbarui bangunan dan model masjid. Masjid Raya Makassar ini lalu mengalami renovasi dari tahun 1999 hingga tahun 2005 dan diresmikan langsung oleh Jusuf Kalla.

Keunikan Arsitektur Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar yang memiliki dua lantai ini didirikan dengan bahan bangunan yang 80 persen berupa bahan baku lokal. Area masjid ini cukup luas, dengan daya tampung kurang lebih 10.000 jamaah. Selain itu masjid juga dilengkapi fasilitas dan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan. Gaya arsitektur masjid ini pun megah dengan gaya indahnya yang khas Timur Tengah.

  1. Memiliki sentuhan arsitektur Mediterania
005 Masjid Raya Makassar 01
https://bujangmasjid.blogspot.com/2011/05/masjid-raya-makassar.html

Masjid Raya Makassar ini memiliki sentuhan arsitekur Mediterania dengan kombinasi warna dasar krem yang mencirikan warna alam. Rancangan bangunan ini juga terbuka dan tidak berdinding. Sehingga, para jamaah yang hadir untuk beribadah di tempat ini bisa menikmati kesejukan udara Makassar.

  1. Memiliki menara yang melambangkan ayat Al-Quran
Masjidraya01 2944e025d0b60c082121572e1e356f08 600x400
https://sulsel.idntimes.com/travel/destination/ahmad-hidayat-alsair/foto-mengintip-megahnya-masjid-raya-makassar

Ada lagi daya tarik dari arsitektur Masjid Raya Makassar, yaitu dua buah menara yang masing-masing tingginya 47 meter (menara lama) dan 66,66 meter (menara baru). Tinggi menara ini melambangkan jumlah ayat dalam Al-Quran, yaitu 6.666 ayat.

  1. Terdapat koleksi Al-Quran yang sangat besar
Alquran Alquran
http://travel.rakyatku.com/read/8972/2016/06/13/masjid-raya-makassar-dibangun-dari-dana-rp60-ribu-ini-cerita-lengkapnya-

Masjid Raya Makassar tidak hanya memiliki arsitektur yang memukau, tetapi juga memiliki koleksi unik berupa Al-Quran yang sangat besar. Al-Quran ini berukuran 1 x 1,5 meter yang diletakkan di lantai dua untuk menambah daya tarik jamaah. Al-Quran besar tersebut dibuat menggunakan kertas berkualitas dan tulisannya menggunakan campuran tinta khas Cina serta air teh kental agar tidak mudah luntur.

Masjid ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh para jamaah, tetapi juga ramai oleh pengunjung yang sekadar ingin berjalan-jalan melihat kemegahan bangunan ini. Masjid Raya Makassar juga dulunya pernah disinggahi Ir. Soekarno untuk salat Jumat pada tahun 1957. Bahkan mantan Presiden Soeharto pun pernah berkunjung untuk salat Jumat di tahun 1967. Masjid megah ini selain bersejarah memang memiliki banyak daya tarik.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.