Masjid Nurul Iman Padang, Sejarah Singkat Pembangunannya!

Slide14

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Berkunjung ke Sumatera Barat tepatnya di Padang tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Masjid Nurul Iman kota Padang. Masjid itu begitu populer sebab mempunyai bentuk bangunan masjidnya adalah yang paling besar di kota Padang. Tempat masjid Nurul Iman persisnya ada di Jalan Imam Bonjol serta Jalan MH Thamrin di pusat kota Padang. Dengan tradisi dan istiadatnya yang kental dengan nuansa islami.

Membuat Padang menjadi salah satu tempat yang paling terkenal dengan falsafah “hidup bersanding tradisi, tradisi bersanding Syara”, “Syara bersanding Kitabullah”. Oleh karena itu, di Padang berdiri banyak sekali Masjid-masjid yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Jika anda melihat Masjid Nurul Iman nyatanya masjid ini mempunyai riwayat yang cukuplah berkelok.

Pembangunan diawali pada tanggal 26 September 1958. Namun, saat orde lama pembangunan masjid nurul iman Padang ini kurang terurus. Sehingga banyak sekali bagian-bagian masjid yang kurang begitu terawat dan kurang begitu bersih dilihat pada waktu orde lama.

Sejarah Pembangunan Masjid Nurul Iman

Masjid Nurul Iman kota Padang didirikan pada tanggal 26 September 1958 dengan dari Kepala Operasi Kodam III/ 17 Agustus, ketika itu Propinsi Sumatera Barat dibawah pemerintahan Gubernur Kaharudin Datuk Rangkayo Baso dan juga sumbangan dari Menteri agama saat itu. Lahan yang harus dibebaskan untuk pembangunan Masjid Nurul Iman ini seluas 1,18 hektar bangun masjid nya sendiri berlantai dua dengan masing-masing seluas 2.674 M2 dan berada di pusat kota Padang.

Pada tahun 1966 akhirnya pemerintah Kota Padang kembali meneruskan pembangunan yang selama ini tertunda. Gubernur saat itu Harun Zain yang menjabat dari tahun 1967 sampai 1977 meneruskan kembali pembangun masjid Nurul Iman. Jumlah pengelolaan yang harus dikeluarkan untuk merenovasi masjid nurul iman pada waktu itu sebesar Rp 300 juta. Dana tersebut berasal dari beberapa donatur seperti para jamaah Masjid Nurul Iman dan Presiden Indonesia Soeharto juga menyumbangkan untuk merekonstruksi masjid Nurul Iman. Sumbangan dari Presiden Soeharto pada waktu itu berjumlah 40 juta rupiah. Kalau dilihat Masjid Nurul Iman memilih gaya arsitektur seperti dalam masjid istimewa serta elegan yang lain berhias kubah yang besar sekali dibagian utama masjid serta diperlengkapi dengan menara yang begitu menjulang tinggi.

Selain itu, bagian masjid Nurul Iman mempunyai 30 dan  16 tiang. Sehingga masjid ini sangat kokoh dan kuat. Ide bangunan masjid ini diambil dari ide arsitektur masjid Attin di Taman Mini Indonesia Indah. Kelihatan kubah serta menara berwarna hijau yang dihiasi oleh motif bintang sisi lima di ornamen dinding masjid. Untuk bagian kubah masjid ini memiliki desain berupa ketupat. Sehingga jika dilihat dari jauh bentuk kubah masjid Nurul Iman ini sangat unik. Motif ketupat ini terinspirasi dari gaya arsitektur Turki.

Terjadi Ledakan Bom

Insiden mengerikan berlangsung dua tahun sesudah masjid digunakan, persisnya pada tanggal 11 November 1976 jam 22.20 ada ledakan bom yang mengakibatkan kerusakan sisi masjid ini. Akibat pengeboman ini beberapa bagian sisi masjid Nurul Iman mengalami beberapa kerusakan. Sehingga membuat beberapa bagian masjid harus di renovasi. Menurut kepolisian rencana pengeboman masjid terbesar di Padang ini sudah direncanakan oleh beberapa oknum teroris yang akan mengebom masjid ketika sholat Jum’at. Tetapi bom itu meledak lebih awal pada malam hari hingga tidak memunculkan korban jiwa.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by