Masjid Aya Sophia, Saksi Sejarah Runtuhnya Konstantinopel

Slide17

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Aya Sophia merupakan satu di antara masjid bersejarah di dunia. Rumah ibadah yang juga dikenal sebagai Hagia Sophia ini menjadi landmark kota Istanbul selain masjid Biru atau Blue Mosque. Dari asal katanya, Hagia Sophia bermakna kebijaksanaan yang suci.

Hagia Sophia menjadi warisan dunia yang berusia ribuan tahun, dan tentunya memiliki sejarah panjang bagi peradaban manusia, terutama untuk umat Nasrani dan Islam. Masjid ini menjadi tujuan wisata terkenal di dunia. Banyak wisatawan mancanegara yang mengagumi keindahan arsitektur Hagia Sophia.

Berlokasi di Ayasofya Maydani, Hagia Sophia yang dibangun berhadapan dengan Blue Mosque. Terdapat sebuah taman megah terhampar di antara Hagia Sophia dengan Blue Mosque. Pengunjung dapat memasuki kawasan ini dengan tiket seharga 25 Lira.

Di bagian belakang bangunan, terdapat kompleks pemakaman atau yang dalam bahasa setempat disebut Mausoleum. Makam ini merupakan tempat bersemayamnya para Sultan Turki beserta keluarganya. Di antaranya, Sultan Murad III, Sultan Mehmet III, Sultan Selim, dan sultan-sultan Turki lainnya.

Sejarah Hagia Sophia

Kemegahan Masjid Biru Kembaran Hagia Sophia Di Istanbul
https://www.merdeka.com/gaya/kemegahan-masjid-biru-kembaran-hagia-sophia-di-istanbul.html

Dahulu, Masjid Aya Sophia ini merupakan sebuah bangunan gereja yang dibangun di era Konstantinopel. Konstantinopel dibangun oleh pahlawan legendaris Yunani bernama Byzas. Maka dari itu kekaisaran konstantinopel diberi nama Byzantium. Pada tahun 324 masehi, kaisar Konstantin memindahkan ibukota Romawi Timur ke Instanbul sebagai kota pusat dagang di kawasan Eropa.

Instanbul pernah menjadi ibukota imperium terbesar pada masanya, sehingga banyak dihuni oleh masyarakat dunia dari berbagai etnis. Saat itu, Kaisar Byzantium membangun gereja dan katedral di Instanbul, salah satu yang paling mewah adalah Hagia Sophia atau Holy Wisdom Church.

Gereja yang dibangun oleh Kaisar Justinian ini rampung pada tahun 537 masehi, dan dinobatkan sebagai bangunan termewah di Eropa. Dinding gereja ini dilapisi emas dan permata, lengkap dengan ratusan lukisan mozaik dan ornamen menawan lainnya.

Difungsikan Menjadi Masjid

Interior Kaligrafi Hagia Sophia Istanbul Turki
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/e/e6/Interior_M_Makassar.jpg

Setelah 1000 tahun lamanya menjadi gereja, terjadi serangan yang dilakukan oleh pasukan Sultan Mehmed II atau Muhammad Al Fatih. Pasukan tersebut bertolak dari Edirne Sejak 23 Maret 1453, dan tiba di Istanbul pada Selasa, 29 Mei 1453. Di bawah komando Sultan Mehmed II, pasukan muslim berhasil menjatuhkan tembok Konstantinopel.

Kekaisaran Byzantium pun runtuh, kota Konstantinopel menjadi simbul ditaklukannya bangsa Barat oleh Timur. Sultan Mehmed II menuju pintu gereja Hagia Sophia untuk meminta pendeta menenangkan para penduduk yang berlindung di dalam gereja tersebut.

Sultan Mehmed II memutuskan untuk mengubah fungsi Hagia Sophia sebagai masjid Aya Sophia. Lukisan yang ada di dinding bangunan itu ditutup dan diganti dengan hiasan ayat-ayat Al Qur’an. Pada hari Jumat pertama setelah kejatuhan Konstantinopel, tepatnya tanggal 1 Juni 1453, sultan menggelar solat Jumat di Hadia Sophia.

Penaklukkan Istanbul tak membuat Sultan Mehmed II mengusir penduduk setempat yang beragam Nasrani. Dia justru meminta Paderi Kristen Ortodoks untuk mengurusi umat Kristinani. Sejak saat itu, umat Kristiani dan Islam hidup berdampingan di kota Instanbul.

Dibuka Sebagai Museum

Pada tahun 1935, Turki dinobatkan menjadi Republik dengan presiden pertama yang bernama Mustafa Kemal Ataturk. Sejak saat itu, Hagia Sophia diubah menjadi sebuah museum. Lukisan-lukisan bernuansa Kristen kembali dipajang, bersebelahan dengan simbol-simbol agama Islam.

Sejarah panjang Hagia Sophia yang lengkap dengan keindahan arsitekturnya, membuat Unesco menetapkan Hagia Sophia sebagai World Heritage Site pada tahun 1985.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by