Masjid Agung Cilegon, Bukti Sejarah Islam di Indonesia

Slide1

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
A07c2f3b3b907aaf8436a26c6d77f0a2 Masjid Agung Cilegon Empat Menara Nan Menjulang Di Tengah Kota
https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/masjid-agung-cilegon-empat-menara-nan-menjulang-di-tengah-kota

Islam di Indonesia memang memiliki sejarah tersendiri mulai dari pertama kali masuk hingga penyebaran agama Islam di nusantara. Salah satu bukti tersebut adalah bangunan Masjid yang berada di Provinsi Banten yakni Masjid Agung Cilegon yang menurut berbagai sumber sudah memiliki umur setua umur Islam di Indonesia.

Di masjid ini terdapat empat menara tinggi yang mengelilingi masjid di Banten ini sehingga membuat bangunan terlihat lebih megah. Letaknya yang berada di antara pusat perdagangan dan pelabuhan merak membuat banyak orang memilih untuk beribadah dan beristirahat di sini. 

Renovasi Masjid Agung Cilegon Buat Bangunan Semakin Kokoh

Masjid ini memang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia, karena sudah berumur ratusan tahun bangunan ini rentan roboh. Oleh karena itu, pemerintah Banten memutuskan untuk melakukan renovasi arsitektur masjid menjadi lebih mewah dan megah. 

Selain menjadi tempat beribadah, masjid ini juga sering melakukan berbagai kegiatan keagamaan termasuk dakwah. Desain masjid ini juga masih menjunjung keindahan nusantara yang menjadi ciri khas masjid di Indonesia. Jika Anda hendak mengunjungi masjid ini, berikut adalah informasi yang perlu Anda ketahui. 

Sejarah Masjid

Suasana masjid yang tenang menjadikan tempat ini sebagai tempat bagi para musafir dan umat Islam lainnya yang ingin mendapatkan ketenangan hati. Berbagai bukti sejarah menunjukkan bahwa Islam yang ada di Indonesia bahkan sejak zaman penjajahan Belanda. Salah satunya ialah masjid ini. 

Dibalik kemegahan masjid ini, ternyata Sejarah Masjid Agung ini lekat dengan perjuangan masyarakat setempat jauh sebelum kemerdekaan. Masjid ini sebagai masjid perjuangan masyarakat Cilegon baik para santri dan kyai untuk berdiskusi mengenai pergerakan umat Islam Cilegon.

Keunggulan Masjid

Setelah dilakukan renovasi, Masjid Agung Cilegon ini memiliki desain layaknya masjid yang ada di Timur Tengah. Kubah masjid ini memiliki tempat seperti masjid yang ada di Timur Tengah. Setelah dilakukan  besar-besaran dan menelan biaya 24 miliar rupiah selama 3 tahun, masjid ini menjadi sangat mewah. 

Warna hijau yang merupakan warna kesukaan Nabi Muhammad SAW dipilih untuk warna kubah untuk masjid yang sering dikunjungi jamaah yang hendak menyebrang

Pemilihan desain ini ditujukkan untuk membuat para jamaah melakukan ibadah sholat berjamaah dengan suasana seperti di negara awal perkembangan Islam. masjid ini juga mampu menampung hingga 2000 jamaah sehingga banyak umat Islam yang melaksanakan sholat Jumat maupun sholat Idul Fitri di sini.

Cara Menuju Lokasi

Cara Menuju Agung Cilegon ini cukup mudah, hal ini dikarenakan letak masjid ini yang berada di jalan protokol yakni Jalan Sultan Agen Tirtayasa 2. Jalan ini merupakan salah satu jalan utama yang membuat banyak kendaraan berlalu lalang di depan masjid. 

Jika hendak menuju ke Pelabuhan Merak ataupun menuju ke Cilegon, Anda akan mudah menemukan masjid ini karena menara yang tingginya mencapai 50 m ini bisa terlihat dari kejauhan. 

Islam di Indonesia sudah berkembang sejak ratusan tahun yang lalu dan mengambil peran dalam perjuangan kemerdekaan. Salah satu saksi bisu perjuangan masyarakat Islam di Cilegon ialah masjid ini. 

Sekarang, masjid yang sudah direnovasi ini menjadi salah satu masjid yang sering dikunjungi para musafir dan orang yang sedang melakukan perjalanan jauh.

Rasakan kenikmatan beribadah di Masjid Agung Cilegon ini dan pelajari lebih jauh lagi tentang sejarah Islam di Indonesia. Bukanlah hal yang mudah Islam masuk ke Indonesia dan menjadi agama terbesar sampai saat ini. Jadi, jangan lupa untuk kunjungi masjid ini dan belajar sejarah Islam di nusantara.

 

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by