Keunikan Arsitektur Masjid Al-Azhom yang Menyerupai Benteng

1

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Al-Azhom atau Masjid Raya Al-Azhom merupakan sebuah masjid di Tangerang yang memiliki kubah terbesar di dunia. Masjid dengan desain kubah ala Timur Tengah ini dirancang sangat megah dan merupakan landmark Kota Tangerang. Lokasinya ada di kawasan pusat pemerintahan Kota Tangerang. Desain arsitektur masjid ini begitu unik. Bahkan Masjid Al-Ahzom ini memiliki daya tarik tersendiri akan kemegahannya yang khas.

Sejarah Masjid Al-Azhom

Masjid Raya Al Azhom Kota Tangerang 1Masjid Raya Al-Azhom dibangun di lahan dengan luas 2,25 hektar. Di lahan yang luas tersebut berdiri masjid yang megah seluas 5.775 meter persegi. Lalu, ada juga lahan parkir seluas 14.000 meter persegi yang dapat menampung banyak kendaraan untuk para jamaah yang mengunjungi masjid ini. Maka, tak heran jika Masjid Al-Azhom mampu menampung 15.000 jamaah.

Sejarah masjid ini dimulai pada 7 Juli 1997. Di tahun tersebut, peletakan batu pertama dilakukan oleh wali Kotamadya Tangerang, Bapak Drs. H Djakaria Machmud. Sementara itu, peresmian Masjid Al-Azhom dilakukan oleh Bapak Drs. H Moch tamrin pada 23 April 2003.

Masjid Al-Azhom ini didesain oleh arsitek bernama Ir. H. Slamet Wirasonjaya, yang merupakan salah satu guru besar Jurusan Arsitektur ITB. Desain bangunan masjid mencerminkan ciri khas Kota Tangerang dengan bentuk yang menyerupai benteng. Selain itu, arsitekturnya juga terinspirasi dari bangunan Masjid Aya Sophia di Turki dan Masjid Sultan Salahuddin di Kuala Lumpur Malaysia.

Keunikan Bangunan Masjid Al-Azhom

Masjid megah ini memiliki banyak keunikan dan makna pada setiap sudut bangunannya. Maka, tidak hanya menjadi daya tarik pada jamaah saja. Dengan bangunan yang indah tersebut, kekhusyukan dan kenyamanan untuk beribadah juga sangat terasa suasananya. Berikut ini adalah beberapa keunikan dari arsitektur bangunan Masjid Al-Azhom:

  • Desain bangunan masjid menyerupai benteng

Yang membuat bangunan ini begitu unik adalah desainnya yang menyerupai benteng. Terdapat kantilever di atas genteng yang berbentuk benteng di masjid ini. Selain itu, di konstruksi bagian atas masjid juga banyak terdapat lubang di bagian tengahnya. Lubang ini dirancang menyerupai tempat meriam dalam sebuah benteng.

  • Merupakan masjid dengan kubah terbesar di dunia

Masjid Al-Azhom pun memiliki keunikan lain pada bangunannya, yakni pada kubahnya yang diklaim sebagai kubah terbesar di dunia dengan diameter 63 meter. Konstruksi kubah ini dibuat tanpa ada tiang penyangga. Lalu, di induk tengah kubah terdapat 4 anak kubah dengan bentuk setengah lingkaran sebagai penyangga / penopang induk kubah tersebut. Maka, total kubah di Masjid Al-Azhom ada 5 buah, yang mencerminkan 5 rukun Islam dan filosofi 5 waktu salat. Bahkan 5 kubah ini juga bisa dimaknai sebagai 5 poin pada dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Tidak hanya megah, kubah-kubah masjid ini begitu artistik dengan kaligrafinya. Di sisi dalam kubah Masjid Al-Azhom, terdapat kaligrafi indah bertuliskan ayat-ayat Al-Quran. Ada tulisan Surah An-Nur ayat 35, Al-Baqarah ayat 255, dan Al-Baqarah ayat 284-285 di sisi kubah bagian barat. Sementara itu di sisi kubah bagian selatan ada tulisan Surah At-Taubah ayat 105, An-Nahl ayat 97, Ali Imron ayat 97, Ali-Imron ayat 112, An-Nisa ayat 32, dan Al-An’am ayat 132-133. Untuk kubah timur, terdapat tulisan Surah Al-Bayyinah ayat 5 dan Ar-Rum ayat 30-33. Lalu kubah utara bertuliskan Surah Al-Anbiya ayat 107, Al-Fath ayat 29, dan Al-Lukman ayat 17-18. Ayat-ayat tersebut pun susunannya tidak sembarangan, melainkan disusun secara 3 baris. Kemudian baris keempat masing-masing kubah diisi dengan tulisan Asmaul Husna.

  • Memiliki 4 tower megah yang penuh makna

Keindahan Masjid Al-Azhom tidak hanya cukup pada kubahnya saja. Masjid di Tangerang ini pun memiliki 4 tower megah yang membuat bangunan ini tampak semakin megah. Empat tower ini masing-masing memiliki tinggi 55 meter.  Adanya 4 tower ini tidak hanya pelengkap bangunan. Namun mencerminkan makna 4 ajaran Islam yang meliputi akidah, akhlak, syariah, dan ibadah.

  • Terdapat fasilitas yang lengkap dan galeri islam

Masjid Al-Azhom tidak hanya menarik pada sisi bangunannya, tetapi juga memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas yang dimiliki digunakan sebagai kegiatan yang bermanfaat. Ada Galeri Islam yang sangat cocok dikunjungi menjadi tempat wisata religi. Galeri ini terletak di lantai dua bangunan masjid, pada sisi kiri dan kanan. Untuk masuk ke sini pun gratis, sehingga jamaah yang mungkin sekadar mampir untuk beribadah bisa sekaligus mengunjungi galeri ini untuk melihat-lihat sejarah islam dalam bingkai dan tulisan. Serta bisa juga melihat berbagai koleksi buku bermanfaat dalam galeri. Galeri Islam Masjid Al-Azhom ini memiliki 2 konsep keren, yaitu tauhid dan kisah para Rasul.

  • Menjadi pusat kegiatan keislaman dan kegiatan lainnya

Masjid Al-Azhom tidak hanya menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat Tangerang saja. Namun, tempat ini pun sering dijadikan sebagai tempat shooting berbagai acara religi. Bahkan dijadikan juga sebagai tempat pusat kegiatan kesilaman seperti pengajian, kultum, pengkajian Al-Quran, festival Al-Azhom, dan masih banyak lagi kegiatan bermanfaat lainnya.

Masjid Al-Azhom ini menarik sekali untuk dikunjungi. Tidak hanya menawarkan kemegahan dan keunikan bangunannya saja. Namun, nyaman juga menjadi tempat beribadah karena tempatnya luas dan terlihat sejuk menenangkan. Selain itu, banyak juga fasilitas bermanfaat yang tentunya bisa menambah ilmu dan wawasan para pengunjungnya.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by