Contoh Ornamen Kubah Masjid Ini Bisa Jadi Inspirasi Anda

31. Contoh Ornamen Kubah Masjid

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Contoh Ornamen Kubah Masjid

Contoh ornamen kaligrafi – Mengenai kubah sangat identik dalam bangunan yang dijadikan tempat ibadah bagi muslim, yaitu Masjid. Walau tak semua masjid memiliki atap kubah, akan tetapi kubah yang ada di Indonesia kebanyakan telah memiliki kubah di setiap majid dan musholla.

Kubah yang dibuat memiliki makna dan folosofi sendiri. Adapun arah dan filosofi bentuk kubah bulat setengah lingkaran yang berkembang di bagian tengah dari sejauh saat ini dan livability yang memberi makna pada kebesaran Allah, tetapi juga bahwa Islam adalah agam yang suci, dan cinta damai. Meskipun toleransi dan solidaritas untuk membentuk dasar melingkar dan sebuah kubah berbentuk kerucut pada filosofi kebesaran keunikan.

Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni menulis indah dan sangat terkenal di negara-negara warisan budaya Islam. Fakta-fakta yang ditulis dalam kaligrafi biasanya mengutip ayat-ayat dari Al-Quran dan digunakan sebagai sarana melestarikan Al-Qur’an.

Kaligrafi Islam memiliki beberapa gaya (khat), yang memiliki bentuk yang khas, termasuk Naskh, Khufii, Tsuluts, Diwani, Farisi dan ruq’ah. Selain itu, digunakan untuk menghiasi dinding dan langit-langit masjid, kaligrafi juga digunakan untuk menghiasi halaman buku.

Ornamen geometris

Pola populer geometris dalam seni Islam dan digunakan untuk menghias berbagai media, seperti dinding, lantai, langit-langit, kubah, lampu, buku dan tekstil.

Pola geometris yang digunakan umumnya melingkar, segitiga, persegi, dan heksagonal. Kombinasi pola geometris dapat menghasilkan dekorasi yang indah dan khas.

Arabesk

Arabesk (arabesque) adalah gambar atau ukiran termotivasi sulur, daun, cabang atau pohon. ornamen geometris dan tanaman scalable terlihat menarik dengan nuansa modern kontemporer.

Seniman Muslim untuk mengembangkan seni budaya Arabesk dari periode Bizantium. Dalam penerapannya, bentuk Arabesk dapat dikombinasikan dengan kaligrafi dan pola geometris.

Gaya kaligrafi Arab di masjid

Bingung dalam memilih dekorasi yang tepat untuk dinding masjid? wall sticker (stiker dinding) kaligrafi dapat mempercepat tampilan dinding. Memaksimalkan penggunaan kaligrafi Arab di dinding seperti di ruang adalah gaya modern dan minimalis. Dimensi etnis kaligrafi dapat menghangatkan suasana dingin yang menunjukkan gaya minimalis.

Jangan ragu untuk membuat kombinasi warna bermotif kaligrafi. Sebaliknya ini di dalam ruangan dengan memilih kaligrafi putih di antara warna-warna cerah yang mendominasi.

Kaligrafi sebagai ilustrasi segar

Kaligrafi hari ini muncul tidak hanya dalam bentuk aslinya saja. Perkembangan seni rupa modern membuat kaligrafi adalah dalam bentuk yang lebih konseptual dan modern sebagai sebuah karya seni yang menghiasi dinding interior ruang masjid.

Kedua pekerjaan ini tidak memiliki kaligrafi secara keseluruhan, tetapi berhasil mengubahnya menjadi lebih artistik dan eksentrik. Dalam gaya arsitektur modern, seni kaligrafi bisa menjadi elemen kejutan yang menarik perhatian.

Bentuk eksplorasi kaligrafi Arab

Selain dapat dikombinasikan dengan bentuk seni lainnya, penciptaan kaligrafi yang modern juga dapat menampilkan karakter yang unik. Hiasan dinding dengan kaligrafi Arab, misalnya, surat-surat tersebut diatur dalam bentuk modern dan monokrom gambar simetri yang mengisi ruang masjid.

Kaligrafi mosaik dan keramik

Kaligrafi juga dapat dibuat dari fragmen ubin mosaik atau keramik. Kaligrafi mosaik dengan kesan modern. Sementara Ubin menunjukkan print vintage yang elegan. Dengan menggunakan bahan-bahan ini, kaligarafi Arab dapat digunakan sebagai ornamen dekoratif baik di dalam dan di luar.

Kaligrafi menciptakan permukaan dekoratif yang dapat digunakan untuk menghidupkan berbagai jenis gaya desain, termasuk gaya desain modern.

Contoh Ornamen Kubah Masjid

Ornamen dalam bentuk kaligrafi di kubah pada dasarnya sama dengan ornamen kaligrafi di dinding, pintu atau bagian lain dari bangunan masjid. Tergantung pada jenis, misalnya, kaligrafi pada kubah terdiri dari beberapa pilihan, seperti kaligrafi Turki, kaligrafi Persia dan kaligrafi lainnya.

Ketiganya memiliki pola dasar yang sama, yang merupakan arabesque abstrak yang indah. Kaligrafi hiasan di kubah dapat diterapkan baik di dalam (langit-langit kubah) dan eksterior kubah. Kaligrafi digunakan sebagai ornamen kubah permanen dan tahan lama (terutama kaligrafi hias di luar kubah) untuk kaligrafi luar lebih sering terkena sinar matahari dan hujan.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by