Konsep dan model Masjid Sederhana dengan Memberikan Kenyamanan

36. Konsep Dan Model Masjid Sederhana Dengan Memberikan Kenyamanan

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Model Masjid Sederhana

Model masjid sederhana dengan desain yang optimal dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam ibadah kita, dan apa yang kita maksud di sini adalah untuk menemukan sirkulasi udara alami, pencahayaan alami yang luas dan lainnya.

Berikut kami tampilkan model masjid sederhana konsep desain yang sederhana, namun tetap memberikan keyamanan dalam ibadah. Berikut ini adalah ulasan dari desain masjid ini.

Konsep dan model Masjid Sederhana

Masjid Xi’an, Cina

 

301xian
https://www.gomuslim.co.id/read/khazanah/2017/02/03/3094/masjid-raya-xi-an-masjid-unik-warisan-sejarah-islam-di-negeri-tirai-bambu.html

Masjid tertua dan terbesar di Cina memiliki bangunan menyerupai candi. Pemerintah setempat telah meresmikan Masjid Xi’an menjadi salah satu bangunan bersejarah dan merupakan bagian dari daerah terbuka untuk umum.

Untuk memasuki Masjid Xi’an, Anda harus melewati sebuah jembatan kecil ke gerbang masjid ikonik. Masjid ini dibangun pada Dinasti Ming pada awal 1368 merupakan langkah penting dalam perkembangan Islam di Negeri Tirai Bambu. Ada lima halaman di mana semua mengarah ke ruang ibadah yang terletak di ujung barat dari masjid. Dan dari satu wilayah dapat menampung hingga 1.000 jamaah.

Masjid Agung Kudus

 

1024px Masjid Menara Kudus
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Masjid_Menara_Kudus.jpg

Masjid ini adalah campuran budaya Islam dengan budaya Hindu. Masjid ini biasanya pusat festival yang diadakan rakyat untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Masjid Kudus juga dikenali sebagai Al-Aqsa adalah masjid yang dibina oleh Sunan Kudus pada tahun 1549.

Sebagian menara mempunyai ketinggian kira-kira 18 meter. Bangunan sekitar dihiasi dengan plat bergambar berjumlah 32 unit, 20 daripada yang biru dan menggambarkan masjid, dengan unta dan pokok-pokok kelapa sawit. Sementara itu, 12 keping lain bunga merah dan putih menggambarkan. Di dalam menara terdapat tangga kayu jati yang ada sejak pada tahun 1895.

Masjid Agung Demak

 

Masjid Demak
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Masjid_demak.jpg

Masjid ini terletak di pantai utara Jawa, Demak, tepatnya di desa Bintoro. Masjid ini diprakarsai oleh kesultanan Demak Wali Songo. Masjid Agung Demak ini memiliki empat tiang. Tiga dari mereka yang disebut pilar dan tiang lainnya bernama latar belakang Saka. Di masjid-masjid, ada berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan ritual keagamaan seperti drum dan gong Wali Songo. Masjid Demak didirikan pada 1479.

Masjid Agung Banten

 

Masjid Agung Banten
https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Berkas:Masjid_Agung_Bante.jpg&filetimestamp=20170425074805&

Mengenai masjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada 1560 Masehi. Arsitek masjid Agung bernama Tjek Ban Tjut dari China. Dalam pembuatan masjid dibangun oleh Hendrik Lucasz Cardeel, arsitek asal Belanda. Selain itu, masjid ini berbentuk pagoda yang tak berbeda dari bangunan China. Dalam masjid ini memiliki payung besar raksasa seperti di Masjid Nabawi.

Masjid Katangka

 

Masjid Bersejarah Katangka 150615172321 976
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/masjid-bersejarah-katangka-_150615172321-976.jpg

Masjid ini didirikan oleh Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan. Masjid ini menyandang nama unik nama-nama pohon, Katangka. Berbagai sumber mengklaim bahwa masjid ini didirikan pada tahun 1603 masehi. Masjid ini memiliki joglo berbentuk kubah yang khas. Masjid ini terdiri dari empat pilar. Masjid ini telah direnovasi beberapa kali, pada tahun 1816, diikuti pada tahun 1884 setelah kemerdekaan pada tahun 1963, 1971, 1980 dan terakhir pada tahun 2007.

Masjid Raya Medan

 

1024px Great Mosque Medan Indonesia
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/79/Great_Mosque_Medan_Indonesia.JPG/1024px-Great_Mosque_Medan_Indonesia.JPG

Masjid ini juga dikenal sebagai Al-Masjid Mashun dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909 oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam. Kunikan masjid ini memang disengaja oleh sultan, yang menganggap bahwa itu adalah masjid istana lebih indah, Istana Maimun.

Mengenai bahan untuk pembangunan masjid ini diimpor dari luar negeri, seperti marmer untuk dekorasi diimpor dari Italia dan Jerman, dan jendela kaca patri China dan lampu Perancis. arsitek Belanda yang merancang masjid ini, JA Tingdeman merancang bangunan ini dengan gaya bangunan Maroko, Eropa, Indonesia dan Timur Tengah.

Masjid Sunan Ampel

 

1024px Ampel Mosque In 2008
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b5/Ampel_Mosque_in_2008.jpg/1024px-Ampel_Mosque_in_2008.jpg

Pada 1421, Sunan Ampel dengan dua sahabat, yang dikenal sebagai Mbah Sholeh dan Sonhaji, Masjid pembentukan Ampel. Wilayah pembangunan sekitar 2 kilometer persegi, memiliki bentuk yang unik dari 16 tiang kayu 17 meter dengan diameter 60 cm.

Pilar-pilar jati tidak membuat kayu dan koneksi sejauh ini gagal menyiapkan tiang. Kawasan Wisata Sunan Ampel agama, masjid Sunan Ampel situs setiap hari diisi dengan wisatawan yang mengunjungi makam Sunan Ampel di sekitar halaman masjid. Di pemakaman masjid adalah makam pahlawan nasional, KH Mas Mansyur.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.