Masjid Modern di Indonesia dengan Arsitektur Menawan

20. Masjid Modern Di Indonesia Dengan Arsitektur Menawan

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Modern Di Indonesia

Masjid modern di Indonesia – Sebagai negara yang penduduknya mayoritas Muslim, tentu saja, Indonesia memiliki banyak tempat ibadah umat Islam dari kecil sebagai masjid (surau) hingga masjid besar.

Banyak masjid di Indonesia yang dibangun dengan teknik arsitektur yang indah dan mewah, ada juga sebuah masjid di Indonesia, mencerminkan beberapa budaya seperti budaya Arab, India dan Cina.

Namun sayangnya, kemegahan masjid di Indonesia tidak disertai dengan peningkatan jamaah, kecuali bulan Ramadhan, di mana masjid-masjid di Indonesia selalu penuh dengan jamaah. Jadi di mana masjid modern di indonesia. Berikut ulasannya!!

Masjid Modern di Indonesia

1. Masjid Agung Baiturrahman – Banda Aceh, Aceh

 

640px Meuseujid Raya Baiturrahman
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/47/Meuseujid_Raya_Baiturrahman_.jpg/640px-Meuseujid_Raya_Baiturrahman_.jpg

Masjid Agung Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam (Kesultanan Aceh) pada tahun 1612. Masjid ini memiliki keindahan, megah seperti Taj Mahal di India dan terletak di jantung kota Banda Aceh.

Tidak heran masjid Baiturrahman menjadi titik fokus dari semua kegiatan Nanggroe Aceh Darussalam. Masjid itu sendiri menganut gaya Mughal, yang khas dari India.

Selama waktu berjalan, Masjid Agung Baiturrahman meningkat pada tahun 1936, 1958-1965, 1992 dan direnovasi pada tahun 2008. Lantai masjid mencapai 4760 meter persegi dengan lantai marmer buatan Italia, disebut dapat menampung hingga 9.000 jamaah.

Baiturrahman Masjid Agung Aceh kini memiliki tujuh kubah, empat menara dan satu menara induk.

2. Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru

1024px Masjid Agung An Nur
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/99/Masjid_Agung_An-Nur.JPG/1024px-Masjid_Agung_An-Nur.JPG

Dengan masjid begitu indah Pekanbaru, sampai banyak orang disebut “Taj Mahal Riau.” Masjid ini dirancang oleh Ir Suseno dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968.

Pada tahun 2000, masjid ini direnovasi, di mana wilayah itu awalnya awalnya hanya 4 hektar, sekarang 12,6 hektar. Selain itu, masjid ini memiliki tiga lantai dengan 3 kamar, di mana bagian bawah ada empat pintu, sedangkan bagian atas ada 13 buah pintu.

Di dalam masjid, ada kaligrafi oleh Azhari Nur Jakarta. Selain itu, Masjid Agung An-Nur juga memiliki lembaga pendidikan prasekolah seperti sekolah, perpustakaan, lobi, ruang pertemuan, ke kantor.

3. Masjid Islamic Centre di Samarinda

Maxresdefault
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/99/Masjid_Agung_An-Nur.JPG/1024px-Masjid_Agung_An-Nur.JPG

Masjid Islamic Centre di desa Lerong Telok Ulu di Kota Samarinda, Kalimantan Timur merupakan yang terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Masjid di ibukota Jakarta, Indonesia.

Dalam sebuah wilayah pembangunan pada Masjid ini sekitar 43.500 meter persegi, dan memiliki sekitar 7 menara utama dengan menara 99 meter, dan dinding luar menara dikelilingi oleh lafadz nama yang indah.

4. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

 

250masjid Dan Payung Elektrik
https://www.gomuslim.co.id/images/post/250masjid_dan_payung_elektrik.jpg

Masjid ini dibangun pada tahun 2001 untuk menyelesaikan semua pada tahun 2006.

Berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan oleh Presiden Indonesia pada masanya, Susilo Bambang Yudhoyono, 14 November 2006.

Masjid Agung Jawa Tengah dirancang oleh gaya arsitektur dari Ahmad Fanani dengan kombinasi Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama dari bangunan di masjid atap limas khas di Jawa, tapi ujung-ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter.

Keberadaan kubah besar, disertai dengan empat menara masing-masing sampai dengan 62 meter di setiap sudut atap. Gaya Romawi jelas terlihat di gedung 25 pilar di halaman masjid.

Athena pilar dalam gaya Coliseum Romawi, dihiasi dengan kaligrafi kaligrafi yang indah.

5. Masjid Agung Sumenep di Madura

 

Screenshot 84 2 630x380
https://www.jejakpiknik.com/wp-content/uploads/2018/05/Screenshot_84-2-630×380.jpg

Masjid Agung Semenep Madura, atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Jamik Sumenep merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, yang dibangun selama Panembahan Somala pada tahun 1779 AD.

Gaya arsitektur masjid oleh diarsiteki Piango Lauw adalah campuran dari budaya Cina, Eropa, Jawa dan Madura. Masjid ini juga dilengkapi dengan sebuah menara 50 meter di sisi barat masjid.

Di depan halaman masjid yang pohon sawo dan memiliki rasa, tentu saja tidak pernah meninggalkan lima waktu shalat. Sementara itu, di samping pintu depan masjid, ada yang besar duduk jam mark Jonghans.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.