Masjid Kesepuhan Cirebon, Masjid Tertua Dibangun Pada Tahun 1480 M

Slide9

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Cirebon menjadi salah satu kota transit para wisatawan yang melewatkan jalur Pantura ini. Namun,jika berkunjung ke kota udang ini jangan lupa untuk mampir ke  masjid terbesar di Cirebon yang dikenal dengan sebutan masjid kasepuhan Cirebon. Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia karena telah dibangun pada tahun 1480 M.

Masjid kasepuhan Cirebon kini berubah nama menjadi masjid Agung Sang Cipta Rasa. Pembangunan masjid kasepuhan Cirebon ini dimulai saat masa wali songo pada saat penyebaran islam di tanah Jawa sedang gencar-gencarnya. Masjid ini memiliki arti sendiri dari kata ‘Sang’ yang bermakna ‘Keagungan’, ‘Cipta’ yang berarti ‘Dibangun’ dan ‘Rasa’ memiliki arti ‘Digunakan’. Dengan adanya masjid Kase Cirebon ini membuat penyebaran  Islam pada saat itu  sangatlah luas di Jawa Barat. Terutama di Cirebon sendiri yang merupakan kota yang menjadi basis awal Islam sangatlah kuat.

Desain Masjid Kesepuhan Cirebon

Didalam masjid kesepuhan Cirebon ini mempunyai lima ruang utama, tiga serambi dan ruang belakang. Di bagian ruang utama sebelumnya para jamaah akan melewati pintu yang berjumlah sembilan. Jumlah ini juga sebenarnya melambangkan Wali Songo atau Sembilan Wali. Karena pada saat itu masyarakat Cirebon sangat menghargai berbagai etnik sehingga tak heran bangunan masjid pun desainnya memadukan dari gaya Demak, Majapahit dan Cirebon.

Bahkan salah satu Walisongo zaman dahulu sunan Kalijaga secara langsung memberikan membuat ukiran bunga teratai yang begitu indah pada bagian mihrab masjid. Sedangkan di bagian mihrab masjid cipta rasa ini dipasang secara langsung oleh ketiga Walisongo seperti Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga. Dibagian ruang utama juga merupakan bangunan yang masih asli tanpa ada perubahan sejak awal didirikannya masjid ini.

Sedangkan pada bagian luar masjid cipta rasa sebelah samping kanan atau utara terdapat Banyu Cis Sang Cipta Rasa yang biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Terlebih saat bulan Ramadhan tiba banyak sekali masyarakat di seluruh kota Cirebon hingga dari luar kota selalu berkunjung ke masjid raya ini. Pasalnya di sumur ini memiliki dua kolam diyakini masyarakat sekitar berkhasiat untuk mengobati penyakit dan dapat juga berfungsi untuk menguji kejujuran seseorang.

Dibagian selatan serambi terdapat bangsal prabayaksa atau dalam bahasa Jawa kuno dapat diartikan ruang pertemuan. Pada bagian bangunan masjid cipta rasa ini mempunyai ciri khas warna merah di setiap tembok masjid. Di bagian pagar masjid ini memiliki ukuran ketebalan 40 cm dan tinggi 1,5 m. Meskipun telah dibangun sejak lama, namun masjid ini masih berdiri kokoh dan keaslian masjid masih tetap dijaga sampai sekarang. Atap masjid pun masih berwarna hitam tanah.

Masjid kesepuhan Cirebon juga berdiri tepat bersamaan dengan keraton Cirebon. Sehingga masjid ini sering disebut Masjid keraton Cirebon. Selain itu, dengan adanya kombinasi antara gaya klasik dan gaya modern zaman sekarang menjadikan masjid ini sangat kental dengan nuansa tradisional klasik.

Bahkan dimasa pembangunannya masjid cipta rasa melibatkan lima ratus orang yang didatangkan dari Majapahit, Demak, dan dari kota Cirebon sendiri. Hal ini membuat masjid cipta rasa mempunyai desain yang tidak bisa ditiru dari masjid raya di kota lain. Untuk itu masjid cipta rasa selalu menjadi pilihan warga Cirebon disetiap akan Mela ibadah setiap harinya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai tentang masjid cipta rasa atau lebih dikenal dengan masjid kesepuhan Cirebon. Setiap masjid memiliki keunikan tersendiri terutama masjid kesepuhan Cirebon yang memiliki desain arsitek yang kental terhadap gaya tradisional.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.