Masjid At-Tin dengan Arsitektur Modern Lekukan Anak Panah yang Khas

Slide3

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki Masjid At-Tin yang berdiri megah dan begitu memukau. Nama At-Tin pada masjid ini diambil dari salah satu surah dalam Al-Quran yaitu Surah At-Tin. At-Tin berarti sejenis buah yang sangat manis, lezat, dan penuh gizi, serta dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Posisi masjid ini berada di Jalan Raya Taman Mini Pintu 1 Jakarta Timur. Masjid yang dibangun oleh Yayasan Ibu Tien Soeharto tersebut memiliki bangunan yang memukau dan tampak modern. Bahkan sangat cocok menjadi ikon wisata rohani di Jakarta Timur.

Sejarah Masjid At-Tin

Masjid At-Tin mulai dibangun pada April 1997 dan menempati area tanah seluas 70.000 m2. Bangunan ini cukup luas dan dapat menampung sekitar 9.000 orang di bangunan dalam masjid, serta 1.850 orang di selasar tertutup dan plaza. Pada tahun 1999, pembangunan masjid selesai dan mulai dibuka secara umum.

Penamaan At-Tin pada masjid ini tidak hanya terinspirasi dari nama surah dalam Al-Quran. Namun juga untuk mengenang jasa-jasa istri mantan presiden Soeharto, yaitu Ibu Tien. Masjid yang merupakan yayasan milik Ibu Tien Soeharto ini dibangun sebagai doa dan perwujudan rasa cinta yang tulus oleh anak/cucu Ibu Tien terhadap beliau.

Keunikan Arsitektur Masjid At-Tin

Masjid At-Tin memiliki desain bangunan yang begitu megah. Terlihat bahwa arsitektur bangunan ini sarat akan keunikan dan kekhasan. Baik dari segi arsitektur bangunan utamanya, hiasan ornamen, maupun rancangan interior dan eksteriornya. Arsitek yang merancang bangunan ini adalah Fauzan Noe’man dan Ahmad Noe’man.

  1. Bangunan tampak memukau dengan bentuk dasar kubus
Masjid At Tin 2
http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/24/

Bangunan masjid At-Tin ini mengambil bentuk kubus sebagai dasar rancangannya. Lalu, dilengkapi dengan empat menara kecil setinggi 42 meter yang beratap kubah. Menara ini terpisah dari bangunan utama dan merupakan tempat menyiarkan azan.

  1. Arsitektur menonjolkan lekukan yang indah
Masjid At Tin 3
http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/24/

Di bagian muka masjid dari arah pintu masuk, tampak jelas bahwa Masjid At-Tin ini didesain dengan menonjolkan lekukan berbentuk anak panah di dindingnya. Lekukan-lekukan di dinding ini dihiasi dengan ornamen-ornamen indah yang akan terlihat begitu memasuki ruangan dalam masjid. Lekukan-lekukan anak panah ini memiliki bagian tengah yang didominasi warna abu-abu.

  1. Memiliki area taman bernuansa Timur Tengah yang indah

Masjid At Tin 1

Di sekeliling bangunan Masjid At-Tin, ada taman yang dibangun dengan suasana ala Timur Tengah. Di taman tersebut terdapat lampu-lampu hias dan pohon palem rindang yang didesain membentuk satu deret lurus antarornamen. Pepohonan ini ditanam mengitari plaza berbentuk lingkaran yang terbuat dari marmer warna krem. Selain itu, terdapat pula selasar-selasar panjang yang menjadi akses masuk menuju masjid. Selasar tersebut dihiasi dengan lampu dinding berwarna-warni.

  1. Interior pintu masuk yang memukau dilengkapi kolam air mancur
20160817 165014
http://fitrianygustariny.com/yuk-berkunjung-dan-mengenal-mesjid-agung-at-tin-tmii-jakarta-timur/

Interior Masjid At-Tin juga memiliki rancangan yang memukau. Pintu utama masjid terdiri dari dua dinding tanpa daun pintu. Pintu ini memiliki bentuk seperti anak panah yang unik. Apabila telah melewati pintu utama, ada kolam air mancur di mana bagian pinggirnya berfungsi untuk tempat duduk. Kolam ini dibuat dengan keramik warna hijau muda dan berbentuk seperti anak panah. Selain itu, pada lantai dasar masjid ini terdapat plaza sebagai akses ke ruang serbaguna. Ada juga tangga menuju ruang utama dan ruang fungsional yang berfungsi untuk keperluan kesekretariatan serta tempat wudhu.

  1. Memiliki 7 lekukan anak panah dan keramik hijau di ruang utama
Masjid At Tin 4
http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/24/

Ruang utama Masjid At-Tin terletak di lantai satu setelah lantai dasar. Di ruangan ini, terdapat bagian dinding dengan tujuh lekukan berbentuk anak panah dan keramik wana hijau tua. Pada bagian tengah ruangan, terdapat mihrab dan mimbar yang juga tampak artistik. Sementara itu, sisi kanan dan sisi kiri ruangan yang berhubungan dengan teras samping dibatasi sekat berupa kayu ukir yang bisa dibongkar pasang.

  1. Memiliki lempengan baja tipis pada kerangka kubah
Img 1242
https://bujanglanang.blogspot.com/2018/01/foto-interior-masjid-agung-at-tin-tmii_28.html

Dari dalam ruangan utama, kerangka kubah Masjid At-Tin ini akan terlihat jelas. Bagian dalam kubah berupa lempengan baja tipis dengan warna dasar hijau dikelilingi oleh kaca patri berwarna hijau-merah-kuning dan biru. Maka, kombinasi warna akibat pantulan cahaya matahari akan terlihat sangat indah.

Fasilitas Pendukung Masjid At-Tin

Itulah beberapa arsitektur unik Masjid at-Tin yang begitu memukau baik di dalam maupun di luar ruangannya. Selain itu, masjid ini juga memiliki beberapa fasilitas lengkap untuk pengunjungnya. Ada warung makan, ruang rekreasi / TV, ruang internet, perpustakaan, rumah dinas imam besar, mess muazin, dan ruang penjaga. Tidak hanya itu, fasilitas masjid ini pun dilengkapi dengan ruang kegiatan, ruang kelas, dan lahan parkir yang luas.

 

 

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by