Masjid Al  Munawaroh Ternate, Didirikan Dekat Pantai

Slide2

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Berkunjung ke Maluku Utara tidak lengket jika hanya menikmati keindahan alamnya saja. Pascal di Maluku terdapat wisata religius yang paling populer di daerah ini yaitu Masjid Al Munawaroh Ternate. Masjid ini begitu menawan dipandang dari laut, dengan dua menaranya yang memang dibangun di laut, menunjukkan pemandangan yang begitu indah. Masjid Raya Al-Munawaroh sekarang menjadi landmark kota Ternate. Masjid ini didirikan oleh Pemerintah Terbate tepatnya di dekat pantai yang ada di Ternate. Keberadaan pantai di bibir pantai Ternate sendiri menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Maluku Utara.

Karena biasanya masjid besar didirikan di dekat kota atau di tengah kota besar. Namun, berbeda dengan Masjid Al Munawaroh yang memiliki ciri khas didirikan dekat pantai. Keindahan dari masjid ini sangat bertambah karena berada di bibir pantai yang alami dan luas. Sehingga biasanya setelah melaksanakan ibaah shalat maka para jamaah dan pengnjung akan menikmati panorama keindahan alam yang luar biasa kepada laut lepas.

Sejarah Masjid Al Munawaroh Ternate

Berdirinya Masjid Al Munawaroh Ternate membutuhkan waktu kurang lebih tujuh tahun. Dimana pada tahun 2003 mulai pertama peletakan batu yang menunjukan akan dibangunnya sebuah masjid kemudian rampung pada tahun 2010. Dalam pendiriannya masjid Al Munawaroh Ternate menghabisi dana yang cukup lumayan besar yaitu sekitar 48 miliyar rupiah.

Jumlah yang tidak sedikit tersebut menghasilkan sebuah bangunan masjid yang sangat luar biasa megah dan berdiri kokoh di bibir pantai.tepatnya selesai dibangun pada 6 Agustus 2010 lalu kemudian dilanjutkan dengan shalat Jum’at berjamaah sekaligus dengan adanya takbir akbar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1431 H. Sehingga tidak jarang banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah di sekitar Maluku Utara mampir untuk bisa melihat betapa megahnya masjid di dekat bibir pantai ini.

Walaupun demikian, pemerintah Ternate maupun masyarakat sekitar Ternate sangat antusias dengan keberadaan Masjid Al Munawaroh ini. Mereka dengan gembira bisa beribadah dengan nyaman di masjid megah ini. Apalagi saat jatuh bulan ramadhan maka disana banyak terdapat masyarakat yang menjajakan jajanan di sekitar masjid. Di waktu peresmian pada tanggal 6 Agustus 2010 juga dihadiri oleh orang penting dari Ternate yaitu Syamsir Andili yang merupakan walikota Ternate.

Ditambah dengan berbagai jamaah dan masyarakat yang ikut serta ingin melihat secara langsung dari masjid tersebut sebanyak ribuan umat muslim. Masjid ini berdiri di tanah seluas 6 hektar. Luas dari masjidnya sendiri mencapai 9512 meter persegi. Dengan luas seperti itu masjid Raya Al-Munawaroh dapat menampung jamaah hingga mencapai 15.000 jamaah sekaligus. Hal ini sangat wajar bila kota Ternate terbilang mempunyai penduduk yang sangat banyak yaitu 652 ribu dan mayoritas beragama Islam.

Desain Masjid Al Munawaroh

Masjid ini mempunya ciri khas yang begitu unik selain berada di tepi pantai. Di dalam masjid terdapat empat menaranya yang berdiri menjulang tinggi yang mencapai 44 meter. Terlebih kedua menara masjid tersebut sengaja dibangun di atas laut. Lalu ditambah dengan kubah besar dibagian tengah atap masjid tersebut dengan warna yang menarik yaitu paduan dari warna kuning dan hijau.

Sehingga jika dilihat dari kejauhan masjid ini benar-benar sangat luar biasa indah,megah dan unik karena berada di bibir pantai.

Demikian beberapa penjelasan tentang masjid Al Munawaroh yang berada di Kota Ternate. Masjid ini mempunyai ciri khas unik karena dibangun di dekat pantai dan mempunyai bangunan yang sangat menawan.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by