Kubah Beton, Lihat Kelebihan dan Kekurangannya untuk Masjid Anda

Kubah Beton, Lihat Kelebihan dan Kekurangannya untuk Masjid Anda

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Kubah Beton, Jenis Kubah Masjid yang Dapat Dijadikan Pilihan

Beton merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat kubah masjid. Sejak jaman nenek moyang, beton telah digunakan sebagai bahan pembuat kubah. Meskipun saat ini banyak jenis material, seperti baja ringan, stainless dan GRC yang digunakan sebagai bahan pembuat kubah, tetapi masih banyak juga yang memilih menggunakan beton untuk membuat kubah masjid.

Kubah beton terbukti kuat dan kokoh, serta mampu bertahan hingga ratusan tahun. Jika Anda tertarik ingin membuat kubah masjid dari beton, simak kelebihan dan kekurangan beton berikut ini.

Kelebihan Kubah Masjid Beton

Kubah dari beton biasanya terbuat dari campuran semen coral dan pasir yang disisipi besi eser sebagai tulangnya. Ketebalan konsentrat yang digunakan bisa disesuaikan dengan besar kecilnya kubah. Sedangkan tulangan bisa bisa dibuat dengan single frame atau satu sisipan atau double frame dengan dua sisipan bertumpuk.

Bahan pembuat beton terbukti sangat kuat, sehingga banyak digunakan untuk membuat kubah masjid. Karena sifatnya yang kuat membuat kubah masjid menjadi awet dan tahan lama. Selain itu, kubah masjid dari beton juga terlihat kokoh dan megah.

Biasanya kubah masjid yang terbuat dari beton akan diberikan hiasan atau ornamen tertentu agar tampak semakin menarik dan megah. Beton juga memiliki sifat tahan api dan air, sehingga aman digunakan sebagai bahan pembuat kubah masjid.

Kekurangan kubah masjid beton

Saat ini beton tidak banyak digunakan sebagai bahan pembuat kubah. Meskipun bahan beton terbukti kuat dan tahan lama, tetapi beton yang terlalu berat akan menyusahkan pemasangan. Selain itu, kubah dari beton juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • Tidak terjamin dari kebocoran
    Kubah dari beton yang berkualitas tidak baik akan mudah retak, terutama pada bagian badan. Retakan pada kubah juga bisa disebabkan karena panas yang terlalu tinggi. Jika terjadi retakan, maka akan menyebabkan air hujan dapat merembes masuk.
  • Pengecetan setiap tahun
    Beberda dengan bahan enamel atau galvalum yang memiliki daya rekat yang kuat terhadap cat. Bahan beton kurang kuat merekatkan cat, sehingga cat mudah hilang. Agar kubah dari beton tetap indah harus dilakukan pengecatan ulang setiap tahun.
  • Membutuhkan waktu yang lama
    Pembuatan kubah dari beton membutuhkan waktu yang lama jika tidak ada kerja sama. Kubah yang terbuat dari beton terlalu berat, sehingga akan kesulitan membuatkannya jika tidak dikerjakan secara bersama-sama.
  • Biaya yang cukup mahal
    Membuat kubah dari bahan beton membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, beban beton yang terlalu berat membutuhkan banyak pekerja. Hal tersebut yang menyebabkan pembuatan kubah masjid dengan beton membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kubah beton memang terbukti kuat dan tahan lama. Namun kubah yang terbuat dari beton menyulitkan pemasangan, membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama, serta butuh biaya yang tidak sedikit. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang lebih memilih menggunakan kubah masjid berbahan galvalum, enamel, stainless steel, atau GRC.

Jika ingin membuat kubah masjid beton, segera kunjungi https://karyakubah.com/. Karya kubah merupakan kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya membuat aneka kubah masjid. Anda juga tidak perlu meragukan kualitas bahan yang digunakan, karena terbukti unggul dan bergaransi. Meskipun bahan yang digunakan berkualitas, tetapi harga yang ditawarkan kompetitif dan masih terjangkau.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by