Inilah Kelebihan Stainless Steel dari Bahan Material Lainnya

6. Kelebihan Stainless Steel Dianding Material Lainya

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Kelebihan Stainless Steel

Stainless steel adalah bahan yang tidak asing di telinga kita. Apakah itu panci, piring, pisau, furnitur, baja dan lainnya? Bahkan, kubah juga banyak  terbuat dari stainless steel. Apa sebenarnya kelebihan dari stainless steel?

Stainless steel memiliki campuran, seperti kromium, nikel, molibdenum, silikon dan mangan. Kombinasi dari kromium dan oksidasi nikel, membuat lapisan lapisan pelindung menutupi permukaan stainless steel. Jadi stainless steel merupakan bahan yang tidak mudah berkarat.

Ada sifat fisik dari stainless steel, yang merupakan kelebihan, yaitu:

  • Stainless steel, kuat dan kokoh.
  • Stainless steel, non-konduktor tahan panas.

Aada beberapa jenis stainless steel. Menurut sifat kimia dari stainless steel, ada 3 kelompok. yaitu:

1. Austenitik

Stainless steel umumnya dikenal sebagai seri 300, dan yang paling sering digunakan. Ini adalah campuran dari baja yang mengandung 18% kromium dan 8% nikel, mangan dan nitrogen. Jenis baja sangat tahan terhadap korosi dan mudah untuk membentuk menjadi lembaran tipis. Austenetic baja tahan yang sangat asam dan dapat menahan suhu tinggi dan rendah. Biasanya, digunakan sebagai peralatan masak, wastafel dapur, dan bahan kimia.

2. Martensit

Ketika baja martensit memiliki kadar karbon yang lebih tinggi untuk baja lainnya steel (0,1-1,2%), 18% kromium dan aditif lainnya seperti: nolek dan molibdenum. Tetap tahan korosi, tetapi dapat menjadi lebih kuat dari baja tahan karat austenit. Baja ini digunakan untuk pisau, pin, dan peralatan lainnya.

Beberapa jenis stainelss baja martensit sering dijumpai di pasar:

  • Jenis 410 umumnya digunakan untuk sekrup, baut, ring, pompa dan katup.
  • Jenis 416 digunakan untuk pompa katup, baut dan ring.
  • Jenis 420 digunakan untuk, pisau dan aksesoris lainnya.
  • Jenis 431 digunakan untuk poros baling-baling – baling turbin dan peralatan angkatan laut.
  • Jenis 440 digunakan untuk bantalan bola, pisau berkualitas tinggi, dan pahat.

3. Feritik

Baja feritik memiliki kandungan karbon 10,5%, dan 27% kromium. Magnet dapat dibentuk, tidak seperti baja tahan karat lainnya. ketahanan korosi sangat tinggi, digunakan untuk sistem pembuangan. Tapi bila terkena panas tinggi (seperti pengelasan), dapat mengembangkan sensitisasi ke titik ini (hilangnya kromium ke situs) sehingga lapisan pelindung tidak membentuk lagi, memungkinkan karat muncul.

Stainless steel lebih kuat secara fisik untuk digunakan sebagai bahan bangunan, dan harganya lebih murah dari baja tahan karat austenit.

Beberapa jenis stainless steel feritik dapat ditemukan di pasar:

  • Jenis CR12 digunakan untuk mengangkut peralatan dan pertambangan dan pengolahan mineral.
  • 409 Jenis digunakan untuk sistem pembuangan otomotif.
  • Jenis 430 digunakan untuk lapisan pelat pencucu panel kulkas mesin kabinet, memasak.
  • Jenis lain dari stainless steel yang Anda mungkin telah mendengar:

4. Stainless steel duplex

Stainless steel duplex adalah dengan mencampur pada baja austenitik dan feritik. Kedua jenis baja, bila dikombinasikan dengan hak untuk batas tertentu, produk baja dengan paduan kromium nikel atas dan bawah. Dengan itu, mampu menghasilkan lebih banyak baja tahan korosi, dapat ditarik oleh magnet, dan berbentuk / dipotong dengan obor. Kualitas terbaik adalah Super Dupplex, yang dapat digunakan dalam kondisi (tahan asam).

Beberapa jenis ini di pasaran:

  • 2010 Jenis digunakan untuk kimia pengolahan, pengangkutan dan penyimpanan. Semua aplikasi struktural yang membutuhkan kekuatan tinggi dan ketahanan korosi.
  • Jenis 2206 digunakan untuk penyimpanan bahan kimia dan eksplorasi minyak dan gas.
  • 2507 Jenis eksplorasi minyak digunakan dan gas serta pengendalian pencemaran gas.

Jenis stainless steel, adalah jenis baja yang kuat karena pembentukan endapan (sludge) dalam struktur mikro logam. Salah satu manfaat, mudah dibentuk setelah dipanaskan sampai suhu yang cukup tinggi. Lebih kuat dari baja austenitik, sama – sama tahan korosi dan kuat. Fitur ini akhirnya sering digunakan dalam pembuatan pesawat.

Salah satu jenis adalah jenis 630, dapat digunakan untuk roda gigi, baut dan komponen katup. Serta komponen mesin yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan korosi yang tinggi.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.
Powered by