Begini Indahnya Keaslian Arsitektur Masjid Zaman Nabi

301

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Arsitektur menjadi bagian krusial yang tak terpisahkan dari sebuah bangunan, termasuk masjid. Beda zaman, maka bisa berbeda pula gaya arsitektur yang digunakan. Bagi para pemerhati arsitektur sendiri, arsitektur masjid zaman Nabi Muhammad SAW memiliki daya tarik istimewa.

Masjid adalah bangunan penting dalam agama Islam yang dijadikan sebagai tempat beribadah. Beda daerah maka bisa berbeda pula gaya masjidnya. Arsitektur masjid bisa dipengaruhi oleh ciri dan dan budaya daerah setempat. Lantas, seperti apa keistimewaan dan keindahan arsitektur pada zaman Rasulullah?

Gambaran dan Ciri Khas Bangunan Masjid Zaman Rasulullah

Masjid Zaman Rasulullah
https://infoabadi.org/2019/01/perbedaan-masjid-dan-musala-pada-zaman-rasulullah/

Bila arsitektur masjid di Indonesia biasanya hanya berupa pelataran dan inti masjid, maka berbeda halnya dengan masjid zaman nabi. Arsitektur masjid zaman nabi memiliki ruangan-ruangan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pada masa itu. Mulai dari pelataran hingga halaman belakang masjid memiliki bentuk dengan fungsi tertentu.

Sejarah Arsitektur dan Tata Ruang Masjid Zaman Nabi

Sejarah masjid dimulai ketika Rasulullah SAW bertandang ke kota Madinah. Saat itu, beliau memutuskan untuk mendirikan sebuah masjid yang dikenal hingga masa kini. Masjid ini pun menjadi salah satu masjid inspiratif bagi umat Islam, yang dikenal dengan Masjid Nabawi. Dalam bahasa Arab, nama tersebut berarti Masjid Nabi.

Pada masa itu, Masjid Nabawi tidak hanya digunakan sebagai sarana ibadah saja, namun juga digunakan untuk kegiatan politik serta keperluan militer. Bahkan, masjid ini juga digunakan untuk mengadakan diskusi maupun perjanjian. Masjid tersebut juga pernah digunakan sebagai tempat singgah sementara bagi kaum miskin.

Fungsi yang cukup banyak membuat masjid nabawi pada zaman rasul ini dibuat dengan tata ruang yang menarik. Masjid ini didesain dengan bangunan bertingkat yang berbentuk persegi panjang. Atap yang dipasang pun berupa atap rata, dan memiliki 27 kubah dinamis yang bisa digeser.

Mulanya, desain seperti ini digunakan untuk menyesuaikan kebutuhan masjid pada saat itu. Namun, karena keindahan dan keefektifan bangunan sangat sempurna, lambat laun arsitektur ini diadopsi oleh pembangunan masjid lainnya. Arsitektur tersebut kini menjadi ciri khas arsitektur masjid zaman nabi Muhammad SAW.

Keunggulan Gaya Masjid Zaman Nabi

Selain gaya masjid yang sederhana sekaligus mewah, arsitektur khas masjid pada zaman Rasulullah memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki gaya masjid lainnya. Keunggulan pertama dari masjid gaya zaman rasul yakni dilihat dari luas bangunan yang digunakan.

Rata-rata, masjid gaya zaman nabi memiliki luas yang bisa menampung ratusan ribu jamaah. Hal ini membuat kesejukan beribadah pun semakin terasa kental. Rata-rata masjid gaya zaman nabi lebih mengutamakan keluasan daripada ketinggian bangunan.

Selain itu, hal menarik lain yang menjadi ciri khas masjid pada zaman nabi adalah kubah dari masjid tersebut. Biasanya, arsitektur masjid zaman nabi didesain untuk mengunggulkan kubah-kubah tinggi dalam jumlah yang cukup banyak. Masjid Nabawi sendiri, sebagai masjid legendaris dalam sejarah Islam, memiliki 27 kubah yang bisa digeser.

Beberapa lubang yang ada di langit-langit masjid zaman ini biasanya difungsikan untuk mengeliminasi desain interior yang ada. Lubang-lubang ini akan membuat para pengunjungnya terkesima. Keindahan masjid pada zaman Rasulullah akan langsung membuat Anda merasakan kekhasan pada masa lampau.

Banyak orang yang rela untuk pergi ke negeri Arab hanya untuk menyaksikan keindahan dan kekentalan nuansa Islam dengan pergi ke masjid-masjid lama. Sehingga, hal ini juga bisa Anda jadikan sebagai ide untuk melakukan kunjungan ke masjid-masjid tersebut. Anda akan menemukan bagaimana spesialnya desain arsitektur masjid zaman nabi.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.