Masjid Jaman Dulu dengan Gaya Tradisional

30. Masjid Jaman Dulu Dengan Gaya Tradisional

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Jaman Dulu

Masjid jaman dulu – Mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama muslim. Ada beberapa teori tentang kapan tepatnya Islam masuk ke Nusantara. Ada yang mengatakan bahwa Islam datang dari Gujarat dan pedagang India Muslim di abad ke-13, beberapa orang mengatakan bahwa Islam datang dengan pedagang Arab dari Timur Tengah pada abad ke-7, dan mengatakan ini Islam datang dari para pedagang Persia asli sekitar abad ke-13

Melihat bahwa Islam sudah cukup lama di Indonesia itu tidak mengherankan jika kita menemukan banyak masjid tua di nusantara. Berikut adalah beberapa masjid jaman dulu yang dapat Anda temukan di negara kita.

Masjid jaman dulu: Masjid Saka Tunggal (1288)

 

Masjid Saka Tunggal Cikakak Wangon
https://3.bp.blogspot.com/-QQTSU4mK2T0/VLSbzFYrjEI/AAAAAAAABSk/McnSIvoi1fU/s1600/Masjid%2BSaka%2BTunggal%2BCikakak%2BWangon.JPG

Masjid Saka Tunggal berada di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Kecamatan Cikakak Wangon, Banyumas. Pimpinan (Saka Guru) masjid ini tercatat pada pembangunan, yaitu sekitar tahun 1288. Bahkan, keterangan lengkap tentang pembangunan masjid ini ditulis dalam buku-buku yang dibuat oleh Kyai Mustolih yang juga pendiri masjid. Sayangnya, buku ini telah hilang di suatu tempat.Clear cache

Masjid ini disebut Saka Tunggal karena tiang pertama digunakan untuk membangun masjid ini hanya satu. Salah satu pilar dikatakan melambangkan bahwa hanya ada satu Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa.

Masjid Wapauwe (1414)

 

Masjid Wapuwae
https://2.bp.blogspot.com/-_HUAN1TEbe0/VP0Fe1NQJGI/AAAAAAAADVY/AflY_92VlEw/s1600/DSC08568.JPG

Masjid Wapauwe adalah masjid jaman dulu di Maluku dan merupakan kesaksian sejarah Islam di Maluku di masa lalu. Hal yang tak kalah unik dan bersejarah karena terjadi juga masih tersimpah Mushaf Al-Quran juga termasuk yang tertua di Indonesia. Mushaf Al-Quran dibuat oleh Imam Muhammad Arikulapessy dengan tulisan tangan pada tahun 1550 dengan alas tanpa hiasan, dan naskah Nur Cahya yang selesai pada 1590 dan belum diberi hiasan sisi.

Selain Al-Quran, di masjid ini juga memiliki benda-benda bersejarah seperti Kitab Barzanzi mengandung puisi atau puji-pujian kepada Nabi Muhammad, koleksi naskah khotbah bahkan datang pada tahun 1661, dalam kalender Islam pada tahun 1407 dan transkrip lainnya pada ratusan tahun.

Masjid Ampel (1421)

 

Masjid Ampel
https://cdn2.boombastis.com/wp-content/uploads/2015/11/Masjid-Ampel.jpg

Masjid ini terletak di desa Ampel Surabaya, Jawa Timur. Masjid, yang memiliki ukuran 120 × 180 meter persegi didirikan oleh Sunan Ampel di tahun 1421 dan meninggal pada tahun 1481. Di Surabaya sendiri, bangunan ini telah menjadi salah satu wisata muslim.

Masjid Ampel dan makam Sunan Ampel adalah salah satu bangunan tua dan bersejarah di Surabaya. Utama pole 16 Ampel Masjid yang masih berdiri kokoh di pertama kalinya sejak pembentukannya. Sejauh ini, masjid Ampel memiliki tiga kali renovasi, yaitu tahun 1926, 1954 dan 1972.

Masjid Demak (1474)

 

Masjid Agung Demak
https://somefaith.files.wordpress.com/2013/01/img_1432-copy.jpg

Masjid Agung Demak terletak di Demak, Jawa Tengah. Masjid ini dianggap berkumpulnya Walisongo dan menyebarkan agama Islam di Jawa. Masjid Demak sendiri didirikan oleh Raden Patah, raja pertama dari Kesultanan Demak pada 1474.

Selain masjid, ada juga beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan pengikutnya. Di tempat ini juga berdiri Masjid Agung Museum Demak yang berisi berbagai sejarah Masjid Agung Demak.

Masjid Sultan Suriansyah (1526)

 

1024px Masjidbersejarahsultansuriansyah
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/5/5b/Masjidbersejarahsultansuriansyah.jpg/1024px-Masjidbersejarahsultansuriansyah.jpg

Masjid Sultan Suriansyah juga disebut Masjid Kuin terletak di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid tertua di Kalimantan Selatan didirikan oleh Suriansyah sultan di 1526. Dia adalah raja Banjar pertama yang memeluk Islam.

Masjid ini dibangun dalam gaya tradisional dengan atap yang meliputi Banjar. Mihrab memiliki bagian atap yang terpisah dari bangunan utama. Masjid bergaya tradisional Banjar memiliki mihrab atap umumnya terpisah dari bangunan utama.

Masjid Kudus Menara (1549)

 

1024px Masjid Menara Kudus
https://cdn2.boombastis.com/wp-content/uploads/2015/11/Masjid-Menara-Kudus.jpg

Masjid Menara Kudus juga sering disebut Masjid A-Aqsa atau Masjid Al Manar. Masjid ini dibangun pada 1459 oleh Sunan Kudus menggunakan Baitul Maqdis di Palestina sebagai batu pertama. Masjid ini merupakan perpaduan dari gaya Islam dan Hindu.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.