Kemegahan Arsitektur Masjid Sunan Ampel yang Kaya Akan Nila Spiritual

Slide3

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin

Masjid Sunan Ampel atau disebut juga Masjid Ampel merupakan sebuah masjid kuno di Kelurahan Ampel yang didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421. Masjid ini berlokasi di Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur dan terdapat kompleks pemakaman Sunan Ampel di dekatnya. Bangunan berukuran 120 x 180 meter persegi ini menjadi salah satu objek wisata religi di Surabaya.

Di sekeliling Masjid Sunan Ampel, terdapat bangunan-bangunan berarsitektur Tiongkok dan Arab. Bahkan ada juga sumur bertuah yang merupakan tempat untuk memperkuat janji atau sumpah. Sumur tersebut juga digunakan sebagai tempat bersuci dan merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar. Tentunya, tempat ini memiliki banyak sisi sejarah dan makna keindahan dari setiap bangunannya yang menarik untuk ditilik.

Sejarah Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur 140506132239 148
https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/16/11/22/oh1e3h313-makna-di-balik-arsitektur-masjid-sunan-ampel

Masjid Sunan Ampel termasuk sebagai salah satu masjid tertua di Jawa Timur. Awalnya, masjid ini adalah sebuah pondokan kecil yang kemudian menjelma menjadi masjid. Bahkan selain sebagai tempat ibadah, Masjid Sunan Ampel merangkap fungsi menjadi pusat pendidikan. Masjid ini pun telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Surabaya pada tanggal 26 September 1996.

Tempat bersejarah di Surabaya ini merupakan lokasi dari salah satu sembilan walisongo menyebarkan agama islam di Tanah Jawa, yaitu Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau Sunan Ampel. Sunan Ampel saat berusia 20 tahun dipercaya oleh Raja Majapahit yaitu Raja Brawijaya untuk berdakwah dan menyebarkan agama islam. Dalam kegiatan dakwahnya, Sunan Ampel mendirikan masjid sebagai pusat pendidikan di daerah yang dikenal dengan nama Ampeldenta.

Masjid Sunan Ampel juga telah dilakukan beberapa kali renovasi meskipun hingga kini masih ada bangunan yang tetap asli sejak dulu. Renovasi terakhir masjid ini dilakukan pada tahun 1993 dengan luas keseluruhan mencapai 4 hektar. Pada mulanya, renovasi dilakukan tahun 1926 oleh Adipati Regent R. Aryo Adiningrat dengan luas 22,7 x 20,55 meter. Lalu tahun 1954 kembali dilakukan perluasan oleh KH Manaf Murtadho dengan luas 25,7 x 50 meter. Sementara perluasan selanjutnya dilakukan oleh KH Idham Chalid yang meletakkan batu pertama. Pada saat ini, masjid memiliki luas 11 x 120 meter.

Keunikan Arsitektur Masjid Sunan Ampel

Tentunya, Masjid Sunan Ampel tidak sembarangan dibangun dengan arsitektur uniknya. Setiap sisi bangunannya mencerminkan makna mendalam sehingga membuat bangunan ini tampak megah meski tergerus zaman.

  • Atap masjid mengadopsi unsur Kerajaan Majapahit
Masjid Sunan Ampel
https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/16/11/22/oh1e3h313-makna-di-balik-arsitektur-masjid-sunan-ampel

Masjid Sunan Ampel dibangun dengan atap berbentuk tajuk atau piramida bersusun tiga. Bentuk atap ini mengadopsi dari arsitektur khas Kerajaan Majapahit. Dalam tradisi Jawa, tajuk merupakan representasi dari gunung, di mana gunung ini diyakini sebagai tempat suci. Atap ini memiliki unsur arsitektur Hindu – Jawa. Namun makna dari bentuk atap tersebut adalah Islam, iman, dan ihsan.  Untuk menjadi muslim sejati, seseorang harus melksanakan rukun Islam, mengimani rukun iman, dan mengaplikasikan ihsan  yaitu berserah diri pada Allah dan totalitas untuk beribadah.

  • Memiliki pilar penopang atap yang mencerminkan jumlah rakaat dalam salat
Masjid Sunan Ampel
https://www.timesindonesia.co.id/read/news/215215/mengadopsi-bangunan-majapahit-ini-makna-arsitektur-masjid-sunan-ampel

Atap berbentuk tiga susunan yang dimiliki Masjid Sunan Ampel ditopang oleh empat pilar dari kayu jati. Pilar tersebut masing-masing berukuran 17 x 0,4 x 0,4 meter tanpa sambungan. Tinggi dari pilar yaitu 17 meter, yang menunjukkan jumlah rakaat salat dalam sehari. Makna tinggi tiang 17 meter ini sangat mendalam. Tiang merupakan pondasi sebuah bangunan, sama halnya dengan salat yang merupakan tiang agama.

  • Pintu yang mengadopsi arsitektur Arab
034876800 1465561552 Img 20160609 160630
https://surabaya.liputan6.com/read/4104135/menengok-masjid-sunan-ampel-yang-berdiri-hampir-600-tahun

Masih ada bagian dari arsitektur Masjid Sunan Ampel yang hingga kini masih dipertahankan keasliannya. Ada 48 pintu yang terbentang di sekeliling tembok masjid. Pintu-pintu tersebut memiliki lebar 1,5 meter dan tinggi 2 meter. Bagian atas pintu didesain berbentuk lengkungan yang menunjukkan pengaruh arsitektur Arab. Sementara di antara pintu dan pola lengkungan tersebut, terdapat ukiran timbul yang menghiasi pintu dengan indah.

  • Dikelilingi lima gapura dengan corak khas Hindu – Budha
Gapura Ampel
https://indonesia.go.id/ragam/pariwisata/ekonomi/gapura-mo-limo-di-kampung-ampel

Pada bagian luar Masjid Agung Sunan Ampel ini, terdapat lima gapura yang mengelilinginya. Gapura tersebut bercorak khas Hindu – Budha berpadu dengan nilai Islam dan arsitektur Jawa. Lima gapura ini merupakan refleksi dari rukun Islam yang lima.

Betapa mendalam filosofi dari bangunan Masjid Sunan Ampel ini. Setiap detail arsitekturnya mencerminkan agama Islam pada periode Kerajaan Majapahit. Masjid ini juga kaya akan sejarah dakwah Islam terutama di Pulau Jawa yang dilakukan oleh Sunan Ampel. Maka, bangunan ini tidak hanya menampilkan kemegahan fisik, tetapi juga nilai spiritual yang mendalam.

More To Explore

Slide1
Artikel Terbaru

Informasi dan Harga Kubah Masjid Malaysia

Bangunan masjid di Indonesia sering kali mengadaptasi ciri khas bangunan luar negeri, seperti Eropa, Timur Tengah, ataupun India. Ciri khas ini biasanya bisa dilihat pada

Slide2
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Makassar Paling Recomended

Membangun sebuah masjid bukan perkara yang mudah. Hal itu dikarenakan, banyak komponen dalam masjid yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi

Slide3
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Lombok Murah

Kubah adalah bagian dari bangunan masjid dan menjadi ciri khasnya. Dalam membuat kubah sendiri menggunakan bahan-bahan yang pastinya harus kokoh serta tahan lama. Di antara

Slide4
Artikel Terbaru

Jual Kubah Masjid di Kediri Berkualitas

Apabila sedang dalam proses membangun masjid, maka pastikan sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Selain material bangunan juga perlu memesan kubah masjid yang menjadi titik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Assalamualaiku, selamat datang di website CV. Karya Kubah. Untuk informasi biaya pembuatan kubah masjid atau konsultasi, hubungi kami via whatsapp.